POPULAR STORIES

Kemenperin Menyatakan Fokus Kembangkan Kendaraan Listrik Di Indonesia

Kemenperin Menyatakan Fokus Kembangkan Kendaraan Listrik di Indonesia Mobil Listrik

KabarOto.com - Kementerian Perindustrian menyatakan terus fokus mengembangkan kendaraan listrik di Indonesia. Langkah strategis yang akan dilakukan, adalah mengkaji arah kebijakan ke depan bersama pemangku kepentingan terkait untuk mendorong produksi kendaraan emisi karbon rendah (Low Carbon Emission Vehicle/LCEV) yang ramah lingkungan.

“Kalau kita tidak ingin hanya menjadi pengguna atau importir saja, maka perlu ada industrinya di sini,” terang Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Harjanto di kementrian Perindustrian, Jakarta.

Baca Juga: Kemenperin Terima Hibah Mobil Listrik dari Mitsubishi

Harjanto menambahkan, dalam pengembangan kendaraan listrik, perlu ada tahapan yang dijalankan secara terpadu sebagaimana peta jalan pengembangan industri otomotif, diantaranya menyiapan regulasi atau payung hukum, infrastruktur pendukung, dan teknologi. Selain itu menurutnya kesiapan lain untuk keberlanjutan industri, dampak lingkungan dan juga dampak sosial.

Mobil Full Electrik Mercedes-Benz

"Kemenperin berupaya menyinkronkan kebijakan pengembangan kendaraan bermotor nasional menjadi sesuai peta jalan Making Indonesia 4.0. “Dalam menuju revolusi industri 4.0, kami memacu industri otomotif agar mampu menjadi sektor unggulan untuk ekspor ICE (internal combustion engine/mesin pembakaran dalam) dan EV (electric vehicle/kendaraan listrik),” tuturnya.

Harjanto juga menekankan bahwa pembangunan infrastruktur kendaraan listrik seperti charging station menjadi sangat penting. “Jangan sampai ketika sudah bicara otomotif, ternyata infrastrukturnya belum siap. Jadi, kami berharap nanti masyarakat pakai kendaraan listrik dengan mudah dan nyaman,” ujarnya.