POPULAR STORIES

Kemenperin: Otomotif Nasional Sudah Mampu Penuhi Standarisasi Global

Kemenperin: Otomotif Nasional Sudah Mampu Penuhi Standarisasi Global Kemenperin: Otomotif Nasional Sudah Mampu Penuhi Standarisasi Global (Kemenperin)

KabarOto.com - Industri otomotif selama ini telah berperan besar dalam menopang pertumbuhan ekonomi nasional dengan capaian penjualan kendaraan bermotor roda empat sebanyak 26.658 unit, atau senilai lebih dari Rp 11 triliun pada perhelatan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

“Atas nama Pemerintah Indonesia, kami mengucapkan selamat dan apresiasi terhadap penyelenggaraan GIIAS, dan para pelaku industri kendaraan bermotor roda empat atas kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan industri kendaraan bermotor,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (7/8).

Menperin juga mengapresiasi gelaran GIIAS yang mempengaruhi tren kenaikan signifikan dari masyarakat yang tertarik untuk memiliki kendaraan teknologi elektrifikasi (xEV), baik itu kendaraan berjenis hybrid maupun kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB).

“Hal ini akan memacu upaya pemerintah dalam membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga: Kemenperin Paparkan Hasil Positif Pemberian PPnBM Kendaraan Bermotor

Pada GIIAS 2022, dari total mobil yang terjual, sekitar 1.594 unit merupakan kendaraan teknologi listrik. Saat itu, pameran dihadiri 385.487 pengunjung, diikuti 25 merek kendaraan penumpang maupun komersial, 15 merek industri kendaraan roda dua, dan sejumlah industri karoseri.

Menurut Menperin, selama bertahun-tahun, sektor otomotif Indonesia telah mengalami perubahan luar biasa serta menjadi pemain kunci di pasar regional dan menjadi penyumbang penting bagi perekonomian nasional.

“Dengan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan, terobosan teknologi dan inovasi, pertumbuhan kelas menengah, serta permintaan mobil meningkat, sehingga mengubah Indonesia menjadi pusat otomotif yang sibuk di Asia Tenggara,” ungkapnya.

Lanjut Menperin, sektor otomotif di Indonesia tidak hanya menciptakan lapangan kerja, tetapi juga memberikan peluang ekonomi yang signifikan, baik bagi perusahaan domestik maupun asing.

Baca Juga: Menperin: Derasnya Ekspor Kendaraan Dari Indonesia Bukti Kualitas Mumpuni

“Industri otomotif telah menjadi katalis untuk inovasi, penelitian, dan pengembangan, yang juga menentukan mobilitas dan transportasi masa depan bangsa kita,” imbuhnya.

Saat ini, kekuatan industri otomotif di Indonesia didukung oleh 21 perusahaan industri kendaraan bermotor roda empat, dengan total kapasitas produksi sebanyak 2,35 juta unit per tahun. Industri otomotif ini telah menyerap tenaga kerja langsung sebanyak 38 ribu orang, serta lebih dari 1,5 juta orang yang bekerja di sepanjang rantai pasok otomotif dari tier-1 sampai tier-3.

“Bahkan, sektor ini mampu memberikan devisa yang signifikan melalui capaian ekspornya. Selain itu, ekspansi industri yang cepat telah mempersiapkan jalan untuk investasi besar, menghasilkan ekosistem produsen, pemasok, diler, dan penyedia layanan yang kuat,” papar Agus.

Oleh karena itu, Kementerian Perindustrian sepenuhnya mendukung penyelenggaraan GIIAS 2023 sebagai ajang bergengsi level internasional yang menampilkan perkembangan terbaru teknologi dan produk-produk industri kendaraan bermotor di Indonesia.