POPULAR STORIES

Menperin: Derasnya Ekspor Kendaraan Dari Indonesia Bukti Kualitas Mumpuni

Menperin: Derasnya Ekspor Kendaraan dari Indonesia Bukti Kualitas Mumpuni Menperin AGK berkeliling dengan mobil yang akan di ekspor

KabarOto.com - Kementerian Perindustrian fokus untuk terus memacu kinerja industri otomotif nasional agar bisa lebih berdaya saing global.

“Selama produk otomotif kita bisa diterima oleh pasar internasional, berarti sudah punya daya saing tinggi. Contohnya kita telah ekspor mobil ke Australia, salah satu negara yang memiliki standar tinggi,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (21/02).

Menperin mengemukakan, kekuatan industri otomotif nasional saat ini diantaranya ditopang oleh 23 perusahaan yang memproduksi kendaraan bermotor roda 4, atau lebih dengan total kapasitas mencapai 2,35 juta unit per tahun.

Baca Juga: Keseruan Sahabat Disabilitas Indonesia Kunjungi IIMS 2023

“Penyerapan tenaga kerja langsung di industri otomotif nasional telah mencapai 38 ribu orang, serta penyerapan lebih dari 1,5 juta tenaga kerja IKM,” sebutnya.

Menperin menegaskan, sektor manufaktur kendaraan roda empat nasional berhasil menjadi pahlawan devisa dengan kemampuan ekspor produk Completely Build Up (CBU) sebesar 473 ribu unit mobil pada tahun 2022, meningkat 60,7% dibanding tahun 2021 yang berjumlah 294 ribu.

Baca Juga: TMMIN Ekspor Perdana Toyota Innova Zenix Hybrid

Capaian tahun 2022 tersebut nilainya mencapai USD5,7 miliar atau meningkat 63,5% dibandingkan tahun 2021 sebesar USD 3,5 miliar.

“Berdasarkan kinerja yang gemilang tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pembinaan di sektor otomotif dalam hal kinerja ekspor dalam bentuk CBU sudah berjalan sangat baik,” ujarnya.