POPULAR STORIES

Keseruan Sahabat Disabilitas Indonesia Kunjungi IIMS 2023

Keseruan Sahabat Disabilitas Indonesia Kunjungi IIMS 2023 Penyandang disabilitas melihat e-Hang taksi terbang (Foto: Kipli)

KabarOto.com - International Motor Show (IIMS) 2023, disambut antusias oleh sebagian masyarakat Jabidetabek, termasuk penyandang disabilitas. Ada 10 orang tunanetra, daksa dan tuli hadir di pameran otomotif terbesar se Indonesia itu bersama Kami Bijak.

Teman-teman disabilitas diajak mengelilingi hall yang ada di IIMS 2023, sambil berinteraksi dengan berbagai petugas yang berjaga di masing-masing merek kendaraan.

Mereka mengawali kunjungan melewati hall A yang didominasi oleh merek-merek mobil Asia, seperti Suzuki, Mitsubishi, Toyota dan lainnya.

Baca Juga: Profil Honda EM1 e: yang Mejeng di IIMS 2023

Sempat sejenak berhenti di booth importir umum yakni Prestige Image Motorcars, mereka tertarik melihat e-hang dari dekat, dan mendengar penjelasan detail soal taksi terbang tersebut.

Mereka pun diajak untuk masuk ke dalam kokpit dan eksplorasi fitur-fitur yang ada. Terlihat raut-raut wajah kagum terpancar dari para penyandang disabilitas itu.

"Canggih sekali ya, perubahan zaman sangat cepat. Kunjungan seperti ini membuat kita tidak lagi 'gaptek', jadi tahu teknologi terkini, terutama dalam bidang otomotif," ujar Agus, salah satu penyandang difabel ketika berbincang dengan KabarOto (20/02/2023).

Mereka pun melanjutkan tur ke berbagai booth, dan tertarik untuk mengetahui mobil balap Formula Student buatan mahasiswa Indonesia.

Baca Juga: Diumumkan Di IIMS 2023, Tagline One Heart Dan Satu Hati Rambah 3 Balap Dunia

"Kami dijelaskan secara detail tentang mobil balap listrik itu, bangga sekali ya, beberapa universitas seperti Gajah Mada dan Budi Luhur melahirkan mahasiswa yang cerdas, sampai bisa membuat mobil balap sendiri," tambahnya.

Senada dengan Agus, Rosinda merupakan seorang netra juga mengatakan hal serupa. Ia bilang, mobil-mobil masa kini punya teknologi dan fitur yang sangat canggih.

"Saya jadi tahu standar fitur-fitur mobil modern setelah diberikan penjelasan, sempat berfoto juga dengan mobil-mobil yang ada di sini (IIMS), canggih sekali ya," katanya.

Tur berakhir di hall Indonesia Boating Gathering yang didominasi oleh kendaraan air seperti jet ski hingga boat. Mereka pun berfoto bersama anggota sebelum meninggalkan lokasi. Wah, seru banget ya!