Kemunculan Mercedes Project One Mendekati Kenyataan

Kemunculan Mercedes Project One Mendekati Kenyataan Project One (ist)

KabarOto.com - Menghadirkan sensasi mobil balap Formula 1 ke jalan raya! Itulah yang dilakukan produsen mobil asal jerman Mercedes-AMG, dengan memperkenalkan mobil konsep Project One dalam ajang Frankfurt Motor Show 2018 yang berlangsung beberapa waktu lalu.

Tak hanya sekadar konsep, Mercedes-AMG rupanya akan membawa mobil tersebut ke jalur produksi masal. Hal itu terbukti saat Mercedes merilis beberapa 'spyshoots", yang memperlihatkan sebuah mobil mirip konsep Project One sedang melakukan uji coba di sebuah tempat yang di rahasiakan.

Dalam sebuah pernyataan singkat, Mercedes mengatakan mereka telah mengerjakan Project One dengan sangat intensif selama 12 bulan terakhir. Tak hanya itu, mereka juga telah menghabiskan ratusan jam pengujian, untuk mendapatkan 'komposisi' mesin hybrid yang pas, dan dapat dihandalkan di jalan raya.

Konsep Project One

Pengujiannya juga tak main-main. Karena, powertrain berteknologi tinggi ini telah mengalami tes trek balap (simulasi) terberat, diatas dyno di fasilitas High Performance Powertain Mercedes-AMG di Brixworth, Inggris. Fasilitas ini bertanggung jawab untuk membangun berbagai macam mesin Formula 1 Mercedes selama bertahun-tahun.

Nantinya, versi jalan raya dari Project One akan menggunakan mesin hybrid dengan empat unit motor listrik. Dua unit pertama adalah motor MGU-H yang diletakkan di bagian depan. Masing-masing motor listrik ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 90 kW atau setara 120 dk.

Lalu dua unit motor MGU-K di bagian dibelakang, yang sekaligus membantu proses kinetik saat mobil melakukan pengereman. Motor listrik tersebut dapat memberikan tenaga tambahan masing-masing sebesar 120 kW atau setara dengan 161 dk. Tenaga ini disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis delapan percepatan.

Tampak Belakang

Motor listrik tersebut, berpadu dengan mesin bensin 1.6 liter turbocharged V6, yang mampu berputar hingga lebih dari 11.000 rpm. Secara keseluruhan, Project One memiliki tenaga lebih dari 1.000 hp.

Baca juga: Test Drive DFSK Glory 580: Interior Lapang Dengan Fitur Ala Pesawat

Efeknya, mobil tersebut dapat berlari dari posisi diam hingga kecepatan 200 kpj, hanya dalam waktu kurang dari enam detik. Bila Pedal gas terus diinjak, mobil dua pintu itu akan menembus kecepatan tertinggi lebih dari 350 kpj. Rencananya, Mercedes-AMG hanya akan membuat mobil ini sebanyak 275 unit saja.