POPULAR STORIES

Kenalan Dengan Fitur HSTC Di Sepeda Motor Honda

Kenalan dengan Fitur HSTC di Sepeda Motor Honda Dok : KabarOto

KabarOto.com - Memberikan keamanan dan keselamatan dalam bekendara PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan fitur dan teknologi untuk mendukung keamanan, keselamatan berkendara. Salah satunya Honda Selectable Torque Control (HSTC).

Fitur ini berfungsi untuk membatasi torsi mesin, jika terdeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran ban depan, dan belakang, sehingga potensi terjadinya selip dapat terhindar.

Baca Juga : Dapati Tenaga Penjual Motor Nakal, Honda Minta Segera Lakukan Ini

Saat ini, fitur HSTC ada di model Big Bike dan Matic Premium Honda seperti Honda CRF 1000L Africa Twin, Honda Gold Wing, Honda CBR 1000RR, Honda X-ADV 750, Honda Forza, Honda PCX 160 dan Honda ADV 160.

Ade Rohman, Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora menjelaskan cara kerja HSTC. Fitur ini aktif pada beberapa tipe sepeda motor, seperti Honda PCX160 dan ADV160, ketika kunci kontak diputar ke posisi On.

"Jika pengendara ingin merasakan sensasi torsi mesin lebih kuat, maka fitur ini bisa dimatikan dengan menekan tombol multi switch, " terang Ade.

Sementara di beberapa model Big Bike, pengendara bisa mengaktifkan fitur ini, hanya dengan menekan tombol di bagian kiri stang.

“Fitur ini bisa diaktifkan dan dimatikan saat sepeda motor sedang melaju, " tambah Ade. Namun alangkah baiknya, menurutnya dilakukan saat posisi sepeda motor sedang berhenti.

Baca Juga : Target Jual 50 Ribu Setahun, Wahana Makmur Sejati Luncurkan New Honda Vario 125 Di Tangerang

Posisi tombol Honda Selectable Torque Control (HSTC). Dok : Honda

Fitur HSTC akan bekerja, saat sensor di tiap roda mendeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran, di roda depan dan belakang.

Kemudian informasi tersebut dikirim ke ECU, dan memerintahkan Engine Torque Control (ETC) memutus sementara pengapian mesin.

Secara otomatis, kerja mesin akan terhenti dalam sepersekian detik, sehingga penyaluran torsi mesin ke roda belakang terputus, demi meredakan selip.