POPULAR STORIES

Kenali Rolling Resistance Atau Hambatan Gulir Pada Ban Kendaraan Sobat

Kenali Rolling Resistance atau Hambatan Gulir pada Ban Kendaraan Sobat Kipli

KabarOto.com - Ban memiliki hambatan gulir (rolling resistance), yaitu gaya atau energi hambat yang dihasilkan saat ban melakukan kontak dengan jalanan. Gaya ini mempengaruhi kecepatan dan cengkraman terhadap permukaan jalan. Senyawa karet yang padat, berat total yang berpengaruh pada bentuk ban, desain, gravitasi dan kecepatan merupakan beberapa faktor yang bisa mempengaruhi hambatan gulir.

National Sales Manager Truck and Bus Radial (TBR) PT Hankook Tire Sales Indonesia, Ahmad Juweni mengatakan rolling resistance penting untuk pengemudi mobil pribadi dan kendaraan niaga.

"Namun, semakin besar hambatan gulir akan semakin besar juga bahan bakar yang digunakan," ujar Ahmad Juweni

Baca Juga: Ambisi Adik Kandung Jusuf Kalla Lahirkan Mobil Listrik Karya Anak Bangsa Di PEVS 2022

Hambatan gulir yang rendah bisa membantu menekan konsumsi bahan bakar terutama bagi kendaraan yang digunakan untuk menempuh jarak yang jauh setiap hari. Pihaknya pun memberikan beberapa tips untuk mengoptimalkan hambatan gulir ini.

Pertama, pertimbangkan total beban kendaraan dan muatan sesuai dengan rekomendasi manufaktur kendaraan dan ban. Dengan beban yang sesuai, ban akan lebih sedikit menerima gaya tekanan sehingga area kontak ban dengan jalanan tidak akan terlalu melebar dan hambatan gulir akan lebih kecil.

Baca Juga: Kenali 5 Penyebab Keausan Ban Mobil Yang Tak Wajar

Kedua, periksa keselarasan ban dengan benar. Ban yang tidak sejajar dapat menimbulkan friksi atau gesekan yang berlebihan dengan jalanan. Biasanya, ban yang tidak sejajar akan aus tidak rata karena bagian kontak ban dengan jalanan juga tidak merata. Aus yang tidak merata ini tidak hanya memperpendek umur pakai ban, tetapi juga berdampak pada peningkatan hambatan gulir.

Ketiga, isi tekanan angin pada ban sesuai dengan rekomendasi manufaktur. Dengan cara ini pengemudi dapat mengurangi deformasi ban ketika berkendara sehingga energi yang digunakan pun akan berkurang. Tidak direkomendasikan untuk mengisi tekanan udara lebih dari rekomendasi guna memperoleh area kontak ban yang lebih kecil.