POPULAR STORIES

Kenapa Roda Perlu Spooring Dan Balancing?

Kenapa Roda Perlu Spooring dan Balancing? Spooring dan Balancing perlu dilakukan di bagian roda. Tujuannya adalah untuk menormalkan setelan pabrik. (Foto: KabarOto/Bimo Hariyadi)

Balancing itu penyeimbang ban agar diwaktu putaran tinggi tidak getar. Sedangkan spooring tujuannya yaitu untuk meluruskan posisi ban agar jalannya tetap lurus. Jika posisi ban tidak lurus otomatis jalannya mobil sempoyongan dan akan merusak kondisi ban. Ini tips dari Rahmat Motor.

Bro and Sist di dalam mengemudikan mobil tentunya pernah alami setir yang bergetar saat memacu mobilnya dengan kecepatan tinggi. Ataukah permukaan ban yang habis tidak merata disalah satu pinggirannya? Solusinya adalah spooring dan balancing.

Menurut Rahmat Motor, spooring mempunyai arti penyetalan kaki-kaki mobil agar sesuai spesifikasi pabrik. Roda mobil, khususnya bagian depan adalah komponen yang tidak fixed. Ada komponen yang perlu disetel pada roda agar roda dapat menapak sempurna, nah setelan itu yang biasanya berubah akibat pemakaian sehari-sehari dalam jangka waktu yang lama, misalnya ban mobil hajar lubang.

"Spooring untuk menormalkan setelan pada roda agar sesuai dengan angka yang dianjurkan pabrik. Sedangkan balancing merupakan upaya menjaga keseimbangan pada titik atas-bawah atau kiri-kanan roda dengan cara menambahkan timah pada bagian yang kurang," jelas Rahmat.

Dengan adanya spooring dan balancing, Rahmat menjamin mobil Bro and Sist akan merasakan keadaan normal kembali untuk mengemudikan kendaraan.

Baca Juga: