POPULAR STORIES

Kenapa Sirkuit Paul Richard Memiliki Garis Biru Dan Merah? Ini Jawabannya

Kenapa Sirkuit Paul Richard Memiliki Garis Biru dan Merah? Ini Jawabannya Dok : F1

KabarOto.com – Akhir pekan nanti Sirkuit Paul Richard, Prancis akan jadi saksi bisu keseruan seri ke-12 balapan Formula 1 musim ini. Namun dibalik sirkuit ikonik tersebut, kenapa banyak garis berwarna biru dan merah? Apakah hanya estetika dari warna bendera Prancis, atau ada maksud lain? Ini jawabannya.

Sirkuit ini selalu jadi kandang diadakannya ajang F1 sejak 1956 hingga 2008, serta kembali lagi pada tahun 2018, dan absen lagi tahun 2020 karena pandemi Covid-19.

Baca juga: Jadwal F1 Prancis 2022, Momen Bangkitnya Red Bull Racing

Trek ini memiliki keunikkan yang tampak seperti garis-garis yang bagi sebagian orang membuat efek pusing. Tapi jangan salah, ada maksud tersendiri kenapa Paul Richard seperti ini.

Sebenarnya warna biru dan merah ini jadi pengganti gravel trap. Serta warna mewakili tanda seberapa kasar aspal tersebut. Biru lebih abrasif dari aspal di trek utama, sementara merah paling kasar membuat mobil lebih cepat berhenti, bila keluar dari trek dan tentu saja menjadi sebuah kerugian karena permukaan ban akan terkikis.

Baca juga: Pirelli Bawa Ban Yang Sama Seperti F1 Miami Untuk Di Sirkuit Paul Richard

Tampilan sirkuit ini juga cukup unik dan bisa digunakan secara variatif, serta bisa dibuat 167 layout berbeda sesuai peruntukkannya. Sementara F1 menggunakan konfigurasi 1C-V2 memiliki panjang 5,842 km, 15 tikungan dan dua zona DRS.