Kenapa Temperatur Naik Dan Bisa Membuat Mesin Jebol?

Kenapa Temperatur Naik dan Bisa Membuat Mesin Jebol? Ilustrasi mobil yang tidak mempunyai jarum temperaturnya, hanyalah memiliki gambar temperatur dan ditandai dengan lampu warna biru jika mesin menyala dan sesaat kemudian akan off lampu tersebut.

Hal ini disebabkan karena adanya kebocoran dari termostart air yang tidak membuka dengan sempurna. Kemungkinan air yang disemprotkan dari radiator tersebut keluarnya sedikit alias tidak lancar.

Alasan itulah yang diiyakan oleh seorang mekanik senior di Adi Motor. Ia mengatakan, hal itu karena ada kebocoran termo start air yang tidak membuka dengan sempurna. Bisa jadi air yang keluar dari radiator kecil atau macet atau tidak membuka sama sekali. Karena harusnya, didinginkan oleh water pump yang dialiri dari radiator.

Lalu, bagaimanakah tanda-tanda temperatur naik untuk kendaraan yang tidak ada jarum temperaturnya? Ini ada tips yang sangat bermanfaat dari Afi Motor.

1. Rutin diservice agar mengetahui kondisi mobil.
2. Rutin melihat karburator saat akan mengendarai mobil.
3. Jika radiator kotor bawa kebengkel radiator dan kuras
4. Selalu baca buku pedoman mobil untuk menjadi acuan

Nah bagi Bro and Sist yang mempunyai kendaraan roda empat diatas tahun 2012, pasalnya jarum temperatur tersebut tidak ada. Lalu, bagaimanakah bila temperatur panas? Temperatur panas lampu gambar temperatur tersebut akan memperingatinya dengan cara berkedip.

Jika mesin bermasalah lampu temperatur yang berwarna biru tersebut akan berkedip terus menerus. Namun bila lampu tersebut menyala tanpa kedip, berarti mesin di mobil Anda panas dan sangat membahayakan.

Nah, bagaimanakah jika lampu temperatur mobil tidak berfungsi? Pastinya tarikan mobil akan merasa pelan, bertambah ditekan gasnya bertambah pelan. Dan, jika mesin terlalu panas, mesin mobil Anda akan mati.

Sebelum mobil Bro and Sist parah, tidak ada salahnya untuk selalu memeriksakan air temperatur sebelum mesin dihidupkan, periksalah setiap paginya. Nantinya akan terlihat apakah air di radiator tersebut berkurang atau tidak. Bila berkurang, tambahkanlah.

Jangan lupa ikuti petunjuk buku panduan untuk menguras air radiator. Buku pedoman harus dibaca.

Baca Juga: