Kendarai Motor Harus Menggunakan Sepatu, Ini Alasannya

Kendarai Motor Harus Menggunakan Sepatu, Ini Alasannya Penting pakai sepatu saat naik sepeda motor

KabarOto.com - Mengendarai sepeda motor memang terlihat sangat simpel, siapa saja bisa mengendarainya, di jalan raya. Namuan ada beberapa perlengkapan yang wajib digunakan, yaitu jaket dan helm. Untuk melindungi tubuh dari benturan dan juga gesekan aspal jika terjadi kecelakaan.

Selain dua perlengkapan itu, pengendara motor juga disarankan selalu menggunakan sepatu. Meski banyak pemotor yang tidak perduli dengan perlengkapan ini, namun sangat penting. Fungsinya melindungi bagian kaki saat terjadi kecelakaan.

Baca juga: Touring Anti Pegal? Ikuti Tips Posisi Berkendara Motor Berikut

Head Of Safety Riding Promotion WMS, Agus Sani mengatakan, jika tidak menggunakan sepatu, berbahaya untuk bagian jari kaki. "Kaki tidak dapat terlindungi dengan aman terutamanya bagian jari kaki," terangnya pada hari ini (03/06).

Padahal menurutnya, ketika kita berkendara kaki menjadi tumpuan, saat sepeda motor dalam keadaan berhenti atau berjalan lambat. "Untuk mengurangi dampak luka fatal pada bagian kaki maka pengendara disarankan menggunakan sepatu," tambahnya.

Baca juga: Tips Merawat Sokbreker Motor Agar Tetap Nyaman Digunakan

Sepatu ini sangat penting bagi pengendara yang menggunakan motor sport atau bebek, di mana kaki akan selalu mengoperasikan bagian rem belakang dan persneling gigi. "Agar lebih nyaman dan aman maka harus menggunakan sepatu ketika berkendara," tutupnya.