Touring Anti Pegal? Ikuti Tips Posisi Berkendara Motor Berikut

Touring Anti Pegal? Ikuti Tips Posisi Berkendara Motor Berikut

KabarOto.com - Agar berkendara tidak mudah lelah yang berpotensi menurunkan konsentrasi, perlu diperhatikan postur berkendara yang tepat. instruktur berkendara Astra Honda Motor pun memberikan contohnya dengan praktik.

Ia menyebutkan istilah Ride on Position, tubuh bagian atas pengendara diklaim akan lebih santai. Hal ini dikarenakan posisi punggung yang tegak sehingga dapat menurunkan stres pada bagian bahu, punggung dan leher. Selain itu, posisi lutut yang relatif rata dengan pinggul dapat mengurangi stres atau ketegangan pada paha.

Baca juga: Simak Tips Hadapi Motor Vespa Kebanjiran Ala Scooter Jam

Adapun Leisure position merupakan posisi kaki dapat berpindah ke bagian depan ketika sedang berkendara. Posisi ini dapat digunakan untuk menurunkan ketegangan pada kaki bagian bawah atau betis saat melakukan perjalanan jarak jauh.

Saat dirasa ketegangan pada kaki bagian bawah sudah membaik atau berkurang, kita bisa kembali pada posisi Ride On Position.

Baca juga: Tak Hanya Jas Hujan, Ini Perlengkapan Wajib Bikers Terobos Cuaca Ekstrem

Menurut Manager Safety Riding AHM Johanes Lucky, postur berkendara yang benar dan nyaman dapat menurunkan potensi terjadinya kecelakaan akibat kelelahan saat berkendara.

“Pengendara harus mampu mengidentifikasi medan atau kondisi jalan yang dilewati, tetapi dengan waktu bersamaan juga harus rileks agar menghilangkan ketegangan sehingga mengurangi letih yang terlalu cepat ketika berkendara dengan sepeda motor,” ujar Lucky.