Kerajaan Arab Gelar Pameran Mobil Khusus Wanita

Kerajaan Arab Gelar Pameran Mobil Khusus Wanita Wanita Arab dapat mengemudi sendiri (istimewa)

KabarOto.com - Setelah kerajaan Saudi mengizinkan wanita Arab mengemudi, para perempuan di sana berbondong-bondong datang ke Le Mall di Jeddah. Mereka menyaksikan pameran mobil pertama di kerajaan, yang khusus ditujukan untuk kaum Hawa.

Diberitakan sebelumnya, September 2017, Raja Salman memerintahkan mengakhiri larangan mengemudi bagi kaum wanita Arab. Sebab, larangan itu dianggap tradisi konservatif, yang membatasi pergerakan perempuan dan dilihat oleh para aktivis sebagai 'lambang penindasan'.

"Saya selalu tertarik dengan mobil, tapi kami tidak memiliki izin . Sekarang saya sangat tertarik membeli mobil, tapi saya ingin beli dengan harga yang tidak terlalu tinggi," kata Ghada al-Ali, seorang warga, seperti diberitakan Middle East Monitor.

Baca Juga: Wanita Diperbolehkan Mengemudi, Penjualan Mobil di Arab Saudi Bakal Naik 20 Persen

Arab Saudi satu-satunya negara yang melarang kaum wanita mengemudi. Keputusan baru tersebut dipuji oleh banyak pihak, sebagai bukti kecenderungan progresif baru di kerajaan Muslim yang sangat konservatif.

Putra Mahkota Mohammed bin Salman yang berusia 32 tahun adalah wajah dari perubahan itu. Banyak pemuda Saudi menganggap perubahannya baru-baru ini sebagai bukti bahwa generasi muda mengambil tempat sentral dalam menjalankan negara.

Pameran mobil yang diadakan sejak Kamis, 11 Januari 2018 itu fokus pada mobil hemat bahan bakar, di mana semua salesnya para wanita untuk membantu pembeli dan pengunjung pameran mobil pertama kali khusus wanita di negeri Petro Dolar tersebut.