Keren! Cewek Pengidap Kanker Ini Ikutan Rally Dakar 2019

Keren! Cewek Pengidap Kanker Ini Ikutan Rally Dakar 2019

KabarOto.com - Rally Dakar tahun ini menjadi istimewa bagi beberapa peserta. setelah peserta dengan down syndrome yang ikut serta dengan mobilnya. Kali ini ada wanita asal Lima, Peru, yang mengidap sebuah penyakit bakal menggeber motornya di ajang balap tersebut.

Sebanyak 57 pembalap akan melakukan debut mereka di Rally Dakar 2019. Dalam dua kategori -sepeda motor dan quad bike-, Spanyol merupakan negara dengan jumlah peserta terbanyak, mencapai 22 pereli.

Sebagai tuan rumah, Peru juga tak mau ketinggalan dalam menerjunkan pereli wanitanya. Adalah Gianna Velarde yang akan mengandalkan nomor 130. Berbagai persiapan telah dilakukan oleh wanita berusia 24 tahun tersebut. Gianna Velarde juga akan menjadi wanita Peru pertama yang berpartisipasi dalam Rally Dakar 2019 dalam kategori sepeda motor.

Baca Juga: Toyota Optimis Sabet Gelar Juara Dakar 2019

Namun sejatinya, tantangan besar Gianna Velarde sudah dimulai sejak enam bulan lalu ketika dia mengetahui bahwa rute Dakar 2019 akan terjadi sepenuhnya di dalam perbatasan Peru. Bagi Velarde, sepeda motor lebih dari sekadar hobi, olahraga, dan hasrat. Sepeda motor menjadi pemacu semangatnya untuk sembuh dari kanker pada usia 15 tahun. Velarde sebelumnya telah menjalani 16 kemoterapi dan 32 radioterapi untuk menghilangkan kanker kelenjar getah bening.

“Setiap hari, saya memvisualisasikan diri saya menyelesaikan Dakar. Musuh terburuk ada di kepalaku, itu sangat jelas bagiku. Ini akan menjadi perjalanan yang sangat istimewa. Saya akan meninggalkan rumah, keluargaku, dan kucingku untuk berlomba dalam petualangan yang akan mengubah hidupku," ungkap Gianna Velarde.

"Lima tahun yang lalu saya tidak tahu bahwa saya akan berada di Dakar dan saya akan memulai balapan terberat yang mewakili negara saya. Anda tidak pernah tahu hal-hal apa yang dapat membuat Anda hidup dan itu adalah sesuatu yang diajarkan oleh penyakit kepada Anda," tutup Velarde yang mewarisi hobinya dengan sepeda motor dari ayahnya sendiri.