POPULAR STORIES

Keren, Esemka Sedang Kembangkan Mobil Listrik

Keren, Esemka Sedang Kembangkan Mobil Listrik Esemka saat ini sedang kembangkan kendaraan listrik dari basis Pikap Bima

KabarOto.com - Pabrikan mobil di berbagai negara di dunia terus mengembangkan kendaraan listrik yang ramah lingkungan. Mereka akan memasarkan mobil tersebut ke berbagai negara.

Indonesia menjadi salah satu negara tujuan pasar, karena tahun 2025 nanti, Pemerintah Indonesia mentargetkan 20% populasi kendaraan bermotor adalah listrik. Sehingga negara ini menjadi incaran produsen mobil listrik untuk memasarkan produknya.

Baca Juga: Diminati Para Petani, Begini Cara Esemka Dipasarkan

Hal itu yang membuat PT Solo Manufaktur Kreasi, pabrikan lokal asli Indonesia tengah persiapkan purwarupa mobil listrik. Hal itu dikatakan Hubungan Masyarakat Esemka, Sabar Budi. "Kami sedang persiapkan pengembangan mobil listrik di pabrik Boyolali, Jawa Tengah," terangnya saat dihubungi KabarOto.com, beberapa waktu lalu.

Mobil listrik ini, nantinya akan mengunakan basis dari Esemka Bima yang saat ini sudah dipasarkan. Pengembangan dari model pikap dikatakan, sangat wajar, karena model tersebut sudah diproduksi dan dipasarkan. Dengan menggunakan basis tersebut, Budi berharap harganya nanti bisa ditekan sehingga lebih murah.

Hal itu juga didukung dengan pabrik baterai yang akan berdiri di Tanah Air ini. "Kami berharap, dengan adanya produksi baterai secara lokal, maka harga jual mobil listrik bisa ditekan," tambahnya.

Untuk diketahui, sebelumnya, Esemka bersama PT Pindad sudah mengembangkan prototipe double cab listrik. Prototipe yang dikenal sebagai Esemka Digdaya tersebut, pernah dipamerkan saat peresmian pabrik di Boyolali, 6 September 2019.

Baca Juga: AMMDes Dan Esemka Didorong Untuk Pacu Perekonomian Desa

Namun, mobil tersebut harus dikaji lebih dalam lagi, untuk memproduksinya secara massal. “Kita kaji lagi, dari sisi biaya, juga harga jualnya yang tidak murah," tambahnya. Menurut dia, banyak hal yang harus dipelajari sebelum diproduksi secara massal.