Keren! Hyundai Bakal Keluarkan Digital Key, Buka Kunci Kendaraan Pakai Smartphone

Keren! Hyundai Bakal Keluarkan Digital Key, Buka Kunci Kendaraan Pakai Smartphone Hyundai Motor Group kembangkan teknologi Digital Key menggunakan smartphone

KabarOto.com - Hyundai Motor Group kembali lagi dengan berita perihal mengembangkan teknologi terbaru. Kali ini bukan soal parkir wireless seperti akhir tahun lalu, tapi Digital Key atau kunci digital. Nah, kunci ini ditujukan untuk mengganti kunci konvensional yang bisa tersambung dengan smartphone. Wah, sangat berinovasi ya.

Digital Key yang diusung Hyundai ini berbentuk aplikasi, jadi bisa diunduh seperti pada App Store atau Google Play misalnya. Mungkin ini terlihat rawan ya, karena siapa saja bisa mengunduh. Hyundai sudah punya solusi tentunya, yang berwenang hanya empat orang saja untuk satu kendaraan.

Baca Juga : Keren! Hyundai Sematkan Teknologi Canggih Fingerprint

Aplikasinya juga memerlukan pengaktifan jadi tidak semua orang mengetahui sensornya. Seolah-olah seperti password pada sosial media atau wifi mungkin ya.

"Digital Key akan menguntungkan banyak pelanggan Hyundai di masa depan, serta memungkinkan skema baru yang inovatif untuk berbagi kendaraan," kata Ho Yoo selaku Group Leader of Hyundai Motor Group’s Electronics Development Group.

Nah, cara kerjanya setelah diunduh melalui aplikasi, ada teknologi bernama Near Field Communication (NFC) yang dapat mendeteksi keberadaan smartphone yang diaktifkan dengan Digital Key oleh pengguna yang berwenang.

hyundai

Sensornya ada dua, pertama ada di tuas pintu pengemudi dan penumpang depan, fungsinya untuk membuka kunci pintu. Kedua, ada di bagian konsol tengah. Posisi ini digunakan untuk menyalakan mesin.

Pengemudi tetap harus menekan tombol Start/Stop Engine di dasbor, hanya saja smartphone diletakkan di konsol tengah agar dapat terdeteksi oleh sensor. Jadi, smartphone ini fungsinya sama persis dengan smart key yang biasa digunakan.

Kerennya, Digital Key ini bisa menyimpan pengaturan sesuai pemilik masing-masing seperti mobil mewah. Karena ada kemungkinan empat orang yang memiliki kunci, ketika salah satunya menggunakan maka setting akan berubah secara otomatis mengikuti mode yang biasa digunakan.

hyundai

Seperti posisi kaca spion, kursi, roda kemudi, sistem kontrol audio, video dan navigasi (AVN), serta tampilan head up bakal berubah mengikuti sensor Smartphone yang dikenali.

Selain dari jarak dekat, Digital Key dari Hyundai ini bisa digunakan juga untuk kontrol kendaraan dari jarak jauh loh. Bukan dengan sensor, kontrol ini menggunakan Bluetooth Low Energy (BLE), pengguna bisa mengunci atau membuk kunci kendaraan, mengaktifkan alarm, bahkan menyalakan mesin.

Sebelumnya Hyundai pernah mengenalkan teknologi terkait fitur parkir, mereka berharap jika parkir mandiri sudah dikomersialkan bisa turut diatur atau dikendalikan melalui Digital Key.

Baca Juga: Keren! Hyundai Punya Sistem Valet Otomatis, Atur Kendaraan Pakai Smartphone

Mungkin memang terasa cukup rawan apabila kendaraan disewa atau dipinjam. Nah, Digital Key ini bahkan mengatur tingkat akses fungsi untuk setiap pengguna dalam periode yang ditentukan. Jadi, ketika kendaraan disewa bisa diatur apa saja yang bisa digunakan.

“Kami sedang mempelajari cara-cara lain untuk memanfaatkan jenis teknologi mobil yang terhubung ini untuk sangat meningkatkan pengalaman berkendara dan kepemilikan," tambahnya.

hyundai

Nantinya Digital Key juga akan diprogram lebih lanjut, apabila kendaraan akan disewa, pemilik tidak perlu bertemu dengan penyewa, cukup mengirim Digital Key melalui aplikasi. Tapi, apabila pemiliki menggunakan jasa valet tentunya hal ini menjadi rawan.

Walaupun menggunakan Digital Key, Hyundai tetap menyiapkan smart key sebagai kunci konvensional serta kunci dengan jenis kartu. Nah, mulai akhir tahun ini Hyundai Motor Group secara bertahap menerapkan teknologi dalam kendaraannya. Semoga cepat masuk Indonesia juga ya!