POPULAR STORIES

Keren! Hyundai Punya Sistem Valet Otomatis, Atur Kendaraan Pakai Smartphone

Keren! Hyundai Punya Sistem Valet Otomatis, Atur Kendaraan Pakai Smartphone Hyundai Self Parking

KabarOto.com - Baru-baru ini Hyundai Motor Company dan Kia Motors Corporation meluncurkan video yang menampilkan konsep terbaru mereka. Konsep ini merupakan sistem pengisian wireless kendaraan listrik dengan Automated Valet Parking System (AVPS) atau Sistem Parkir Valet Otomatis.

Yup! Sistem ini menggunakan teknologi yang tinggi dan sangat membantu kenyamanan pengemudi dengan lokasi yang padat. Tentunya bagi pengemudi di negara yang mayoritas telah menggunakan mobil bertenaga listrik mungkin akan senang ya jika sistem ini telah diterapkan.

Soalnya, sistem ini menawarkan kenyamanan bagi pengemudi yang dihadapkan dengan kepadatan parkir dan lokasi pengisian energi listrik karena jumlah kendaraan listrik terus bertambah. Caranya sangat mudah, cukup dengan smarthphone.

Baca juga: Mobil Aman, Hasil Uji Tabrak Hyundai Santa Fe Raih Bintang 5

hyundai

Setelah memerintahkan kendaraan untuk mengisi daya menggunakan smartphone, hanya dengan satu kali klik, kendaraan akan secara otomatis meluncur ke stasiun pengisian wireless yang kosong.

Nah, ketika kendaraan sudah terisi penuh energinya, ia akan memberikan notifikasi kepada pengguna melalui smartphone. Ketika pengguna sudah klik untuk tanda selesai, mobil akan pindah ke tempat parkir kosong lainnya menggunakan Sistem Parkir Valet Otomatis (AVPS).

Baca juga: Test Drive - Hyundai Tucson

Jadi, sistem ini juga memudahkan pengguna lainnya untuk mengisi daya di tempat yang sebelumnya digunakan. Mobil yang sudah selesai diisi dayanya dan sudah berada di lokasi parkir memungkinkan pengemudi dapat memanggil mobil mereka. Lagi-lagi hanya dengan smarthphone, mobil akan kembali secara otomatis ke lokasi pengemudi.

hyundai

Secara singkat proses ini dilakukan dengan komunikasi terus menerus antara kendaraan listrik, fasilitas parkir, sistem pengisian daya dan pengemudi melalui smarthphone. Fasilitas parkir mengirimkan lokasi ruang parkir kosong serta stasiun pengisiannya. Sementara sistem pengisian memperbarui status pengisian kendaraan secara real-time.

Rencananya, Hyundai dan Kia sedang mempertimbangkan mengkomersialkan teknologi pada peluncuran kendaraan otonom (secara mandiri) tingkat 4 sekitar tahun 2025. Hyundai dan Kia juga berencana untuk mengkomersialkan kendaraan otonom di berbagai kota pintar dari 2021 dengan tujuan meluncurkan kendaraan otonom penuh pada tahun 2030.

Baca juga: Profil - New Jeep Grand Cherokee Overland