Mobil Aman, Hasil Uji Tabrak Hyundai Santa Fe Raih Bintang 5

Mobil Aman, Hasil Uji Tabrak Hyundai Santa Fe Raih Bintang 5 Foto: hyundai.co.id

KabarOto.com – Hyundai Santa Fe beberapa waktu lalu secara resmi masuk ke pasar SUV di Indonesia. Dari bagian eksterior, mobil ini terlihat baru dan lebih modern ketimbang generasi sebelumnya.

Namun, fitur tidak banyak mendapat banyak ubahan dari sebelumnya. Tetapi, walau tidak ada fitur tambahan spesial, Santa Fe telah melakukan uji tabrak yang dilakukan EURO NCAP dan hasil bagus diraih SUV asal Korea tersebut.

Pengetesan ini sudah dilakukan sejak bulan November lalu, hasil yang ditoreh juga mendapat bintang 5, walau tidak ada penambahan fitur keselamatan yang signifikan. Dengan tingkat keselamatan penumpang dewasa sebesar 94%, penumpang anak-anak 88% dan fitur keselamatan 76%.

Baca Juga: Aman, Nissan Terra Raih Bintang 5 ASEAN NCAP

Sementara model yang dites ini adalah unit Hyundai Santa Fe 2.2CRDi, LHD. Pengetesan ini tidak hanya dilakukan untuk uji tabrak semata, melainkan uji fitur ABS, EBD, serta fitur keselamatan lainnya, yang digunakan saat mobil berjalan dan harus mengerem mendadak atau menghindari mobil atau orang.

Uji tabrak dilakukan pada 3 titik berbeda, yaitu bagian full depan, bagian depan sisi pengemudi, serta benturan pada sisi samping. Pengetesan ini juga dilakukan dengan kecepatan yang berbeda-beda.

Contohnya saja, untuk benturan dari depan pengetesan dilakukan pada kecepatan 64 kpj dan 50 kpj, serta untuk benturan dari sisi samping dilakukan pada kecepatan 50 kpj dan 32 kpj. Bisa dilihat dari video pengetesan, airbag berfungsi secara baik dari tiap sisinya, hingga bisa meminimalisir cedera pada penumpang.

Fitur lain tidak luput dites, seperti sistem pengereman. Ada juga pengetesan fitur Lane Support System, karena mobil ini sudah memiliki fitur Lane Departure Warning.

Hyundai Santa Fe sendiri di Indonesia memiliki 2 pilihan mesin yaitu bensin 2.400 cc MPi D-CVVT dengan transmisi Automatic Shiftronic-6 Speed dan diesel berkapasitas 2.200 cc CRDi EVGTurbo, dengan transmisi Automatic Shiftronic-8 Speed seperti unit tes NCAP tersebut.

Baca Juga: Hyundai Santa Fe, Passenger Car Terfavorit Di GIIAS 2018

Untuk sebuah SUV berharga sekitar Rp 504 – 574 juta, pengetesan ini merupakan pencapaian yang baik. Dari pada penasaran, yuk simak videonya. (Deddy Darmanto)