POPULAR STORIES

Aman, Nissan Terra Raih Bintang 5 ASEAN NCAP

Aman, Nissan Terra Raih Bintang 5 ASEAN NCAP Foto: nissan.co.id

KabarOto.com – SUV baru Nissan yaitu Terra baru saja melakukan tes uji tabrak yang dilakukan ASEAN NCAP. Memang tidak lengkap rasanya ketika sebuah mobil SUV keluarga tidak dilengkapi dengan fitur keselamatan yang memadai. Karena itulah Nissan membekali Terra dengan Nissan Intelligent Mobility, yang berhasil mendapatkan bintang 5 pada uji pengetesan yang dilakukan di JARI Tsukuba, Jepang.

Baca Juga: Profil - Nissan Terra 2018

Hasil memuaskan dengan nilai 44,70 untuk keselamatan penumpang dewasa, 20,79 untuk keselamatan penumpang anak-anak dan 17,69 untuk fitur keselamatan. Sementara fitur-fitur keamanan lengkap juga sudah turut ditawarkan oleh Terra, Seperti 6 buah airbag, ABS, EBD, VSC atau yang disebut Nissan VDC (Vehicle Dynamic Control), Zone Body Construction yang diklaim bisa meredam benturan lebih baik, Lane Departure Warning, Blind Spot Monitoring, intelligent rear mirror view, hingga kamera 360.

Pengetesannya sendiri dilakukan dari beberapa uji titik tabrak, yaitu, bagian depan, bagian depan 25% sisi pengemudi, dan bagian samping. Model yang dites tersebut juga merupakan unit yang dijual di Thailand, dimana fitur yang ditawarkan sama dengan yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Nissan Fairlady 350Z (Z33) Ini Disesaki Part Modifikasi Kekinian

Sekilas gambaran dari penilaian uji tabrak tersebut. Jika dinilai dari sisi depan, intensitas benturan yang dirasakan oleh pengemudi adalah aman untuk bagian kepala, serta lumayan berisiko namun masih dalam batas aman untuk bagian dada, serta masih dalam batas aman untuk bagian tulang kering. Bagian lain seperti paha dan kaki, masih termasuk dalam batas yang aman jika terjadi kecelakaan.

Baca Juga: Profil Mercedes-Benz C 300 AMG Line

Untuk penumpang depan, risiko yang dihasilkan lebih minim lagi, karena hanya ada risiko benturan pada bagian dada, yang masih dalam batas aman.

Jika dari sisi samping, pengemudi dinilai sangat aman untuk menerima benturan. Bisa jadi, ini karena sistem Zone Body Construction dari Terra benar bekerja maksimal untuk meredam benturang saat kecelakaan terjadi.

Nissan Terra sendiri dijual di 8 negara ASEAN, di antaranya Thailand, Brunei, Indonesia, Kamboja, Laos, Myanmar, Filipina dan Vietnam.

Sementara di Indonesia sendiri mobil ini dijual dengan harga berkisar dari Rp 464 juta untuk tipe 2.5L M/T (4X2) hingga 2.5L VL A/T (4X4) dengan Rp 661 juta.

Jadi, bagi yang tertarik dengan Nissan Terra sudah tidak perlu was-was soal fitur keamanannya deh, sudah dites dan dapat bintang 5 loh! (Deddy Darmanto)