Keren... Lamborghini Terzo Millennio Dapat Memperbaiki Sendiri Kerusakan Bodinya

Keren... Lamborghini Terzo Millennio Dapat Memperbaiki Sendiri Kerusakan Bodinya Lamborghini Terzo Millennio (Topgear)

KabarOto.com - Lamborghini dikabarkan telah membuat mobil konsep super car yang cangih. Dinamakan Terzo Millennio, konsep super car dengan desain ala mobil masa depan tersebut bertabur teknologi terbaru, yang bahkan belum ada sebelumnya.

Salah satunya, dilakukan oleh Lamborghini dengan menyematkan teknologi Self-Healing. Dengan teknologi tersebut, Terzo Millennio diklaim dapat mendeteksi kerusakaan pada bodi mobil, dan bisa memperbaiki kerusakan tersebut dengan sendirinya.

Self-Healing dimungkinkan karena Lamborghini Terzo Millennio mengunakan material carbon fiber composite pada semua bagian bodinya, dan memiliki sensor yang dapat mendeteksi adanya kerusakkan.

Material carbon yang ringan namun kuat tersebut, dilengkapi sebuah tabung Nano berukuran kecil, yang berfungsi untuk mengisi retakan pada bagian bodi serta mengembalikan bodi yang tergores sehingga terlihat mulus kembali.

Baca Juga: Diam-diam Geely sedang Kembangkan Mobil Terbang

"Teknologi Self-Healing yang terdapat pada Terzo Millennio ini merupakan hasil kerjasama antara Lamborghini dengan para peneliti Massachusetts Institute Technology (MIT). Kedepannya kami akan terus menciptakan sesuatu hal yang tidak mungkin menjadi kenyataan," ujar Stefano Domenicali, CEO Lamborghini.

Bagian lain yang spesial dari mobil tersebut adalah sumber tenaganya. Pasalnya, Terzo Millennio tidak lagi menggunakan mesin bensin berkapasitas besar konvensional yang menjadi ciri khas pabrikan berlogo Banteng tersebut, melainkan mengunakan motor listrik.

Bukan hanya satu atau dua motor listrik, tetapi motor listrik yang dipasang pada keempat rodanya. "Hal ini memungkinkan Terzo Millennio memiliki tenaga dan torsi yang lebih besar, serta penggerak all wheel drive saat berjalan," jelas Stefano.

Motor listrik tersebut disuplai oleh super capasitor sebagai pengganti baterai, karena penyimpanan dan pelepasan energinya yang lebih cepat. Superkapasitor ini telah didesain secara khusus untuk dapat menangkap dan melepaskan energi secara bersamaan, sehingga memberi performa yang tinggi, tanpa bergantung pada reaksi kimia.