Keren, Mahasiswa UGM Hadirkan Konsep Mobil Listrik Bernama Daruna

Keren, Mahasiswa UGM Hadirkan Konsep Mobil Listrik Bernama Daruna UGM membuat Daruna, mobil listrik ramah lingkungan

KabarOto.com - Mobil listrik kini menjadi trend, tak hanya industri otomotif yang membuat mobil ramah lingkungan, akademisi dari universitas di Indonesia pun berlomba-lomba mengembangkan kendaraan listrik.

Salah satunya adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang baru saja memperkenalkan desain mobil listrik SACH i-Deora. Kini Universitas Gadjah Mada yang tak mau kalah. Perguruan tinggi yang ada di Yogyakarta ini memperkenalkan desain mobil listrik yang diberi nama Daruna.

Baca Juga: Salah Satu Pabrik Hyundai Di Korsel Fokus Produksi Mobil Listrik

Desain Mobil ini merupakan hasil buatan tim Arjuna UGM. Tm tersebuit dikenal sangat aktif dalam melakukan riset pengembangan kendaraan dengan berbagai jenis teknologi. Daruna yang sedang dikembangkan ini, adalah mobil yang 100% ditenagai listrik.



“Daruna merupakan singkatan dari Dari Arjuna Untuk Indonesia, terangnya. Menurutnya hasil ini tidak lepas dari kerja keras dan dedikasi tim untuk terus berkomitmen melakukan pengembangan dan inovasi riset mobil listrik.

Mobil ini juga sudah diakui kancah internasional, karena beberapa waktu lalu berhasil meraih juara 1 desain Electric Vehicle Design & Prototype Competition di ajang PLN Innovation & Competition in Electricity (ICE) 2021. Tim ini berhasil mengalahkan 45 peserta lain dari berbagai kampus seluruh Indonesia.

Awalnya, Arjuna UGM adalah tim mobil listrik yang tiap tahun aktif mengikuti kompetisi Formula Society Automotive Engineer (FSAE) Japan yang diselenggarakan di Prefektur Shizuoka.

Karena Pandemik Covid-19, membuat kompetisi di tahun ini terbatas hanya diperuntukkan bagi peserta di Jepang saja. Ketua tim Arjuna UGM generasi 9, Inherenta Muhammad Amarutsli, menjelaskan, tim Arjuna memiliki visi untuk menjadi salah satu tim Formula Student terbaik di Asia Tenggara.

Baca Juga: Kia Dan Hyundai Rencanakan Terobosan Industri Mobil Listrik

Bahkan di dunia, sehingga mereka akan terus melakukan kerja inovatif dan aktif dalam setiap perlombaan berbasis riset. “Hasil positif dari lomba ini, kami semakin mantap persiapkan lomba utama di FSEV India 2021 dan FSAE Jepang,” jelasnya.