POPULAR STORIES

Kereta Bertenaga Hidrogen Resmi Beroperasi Di Cina

Kereta Bertenaga Hidrogen Resmi Beroperasi di Cina Kereta Hidrogen di China ┬ęShanghaiist

KabarOto.com- Kereta bertenaga hidrogen secara resmi beroperasi di kota Tangshan Hebei, Cina, Kamis lalu waktu setempat. Kereta ini dikembangkan oleh Tangshan Railway Vehicle Co Ltd (TRC) di bawah bimbingan China Railway Rolling Bursa Corporation.

Seperti dilansir Shanghaiist, Rabu (01/11/17), kereta berbahan bakar sel hidrogen dapat berjalan hingga 40 kilometer sebelum pengisian hidrogen selanjutnya. Kereta yang beroperasi pada jalur kereta api yang berusia 136 tahun itu mampu menempuh kecepatan maksimal hingga 70 kilometer per jam dengan membawa 336 penumpang.

Baca Juga:

Hal yang paling mengesankan adalah kereta hidrogen ini hanya mengeluarkan emisi berupa uap tanpa polusi. Kereta hidrogen menyamai kereta listrik dalam hal ramah lingkungan. Namun, sebagai catatan CityLab, jalur kereta listrik memakan biaya yang lebih besar.

Dalam teknologi kereta hidrogen, Cina sedikit berada di depan Jerman yang memiliki rencana untuk meluncurkan layanan pertama kereta bertenaga hidrogen bernama Coradia iLink, yang dikembangkan oleh produsen Prancis Alstom, akhir tahun ini.