POPULAR STORIES

Keunikan Masing-masing Pabrikan Warnai Balap Pembuka Formula E Jepang

Keunikan Masing-masing Pabrikan Warnai Balap Pembuka Formula E Jepang Keunikan Masing-masing Pabrikan Warnai Balap Pembuka Formula E Jepang (FormulaE)

KabarOto.com - Formula E sukses memulai 2024 debut dalam festival motorsport Tokyo E-Prix. Maximilian Günther, pembalap Jerman dari tim Maserati MSG Racing, meraih kemenangan dalam balapan sepanjang 2.585 kilometer di sekitar "Tokyo Big Sight", lokasi pameran terbesar di Jepang.

Balapan ini menjadi kemenangan kelima bagi Maximilian Günther dalam fully electric series. Sementara itu, pembalap Britania Raya, Oliver Rowland, finish di posisi kedua untuk tim Nissan Formula E, diikuti oleh rekan setimnya, Jake Dennis (Andretti Formula E), di posisi ketiga.

Adapun Pascal Wehrlein dari tim TAG Heuer Porsche Formula E memimpin klasemen secara keseluruhan sepanjang lima dari 16 seri balapan.

Baca Juga: Intip Galeri dan Spesifikasi Mobil Balap Praga R1 yang Diboyong ke Indonesia

Hujan badai sempat warnai balap

Meskipun hujan deras dan angin kencang mengguyur Tokyo pada Jumat pagi sebelum balapan dimulai, semua 22 pembalap tampil kompetitif. Tokyo, sebagai kota metropolitan yang dinamis, telah menjadi sumber inspirasi bagi beragam kreativitas dalam ajang Formula E.

Sebagai contoh, Nissan menampilkan livery spesial dalam balapan kandang pertamanya, mengingat markas perusahaan berlokasi kurang dari satu jam dari lintasan balapan di Tokyo itu.

Baca Juga: Kiandra Ramadhipa Berhasil Kibarkan Indonesia Raya di Balap IATC 2024 Qatar

Livery unik para tim balap

Dengan motif bunga sakura yang ikonik yang akan segera mekar, seluruh mobil dipercantik dengan desain yang menghadirkan keindahan bunga sakura. Selain itu, sayap depan mobil dihiasi dengan slogan “We Love Tokyo”.

Porsche juga mempersembahkan desain baru yang menarik bagi para penggemarnya. Kedua mobil Porsche 99X Electric tampil dengan livery neon pink, sebagai bentuk penghargaan visual kepada Tokyo dengan ikon iklan neon yang terkenal, serta menampilkan elemen seni jalanan dan budaya mobil Jepang.

Perusahaan Jepang Liberty Walk telah mengembangkan kit rangka khusus untuk mobil Gen3 dalam ajang Formula E. Modifikasi dilakukan pada sayap depan dan samping, serta merancang sebuah sayap belakang yang besar untuk mobil tersebut.

Jaguar TCS Racing merayakan pencapaian besar pada keempat musim ini karena telah berpartisipasi di Formula E sejak Musim 3 dan mencapai start ke-100 di Tokyo. Pembalap asal Selandia Baru, Mitch Evans, juga mengikuti balapan Formula E ke-100 di ibu kota Jepang. Seluruh 100 penampilan ini telah menjadi bagian dari perjalanan impresif tim Jaguar TCS Racing.