POPULAR STORIES

Balap Formula E Penuh Drama Di Sirkuit Marco Simoncelli Misano

Balap Formula E Penuh Drama di Sirkuit Marco Simoncelli Misano Balap Formula E Penuh Drama di Sirkuit Marco Simoncelli Misano Italia (Formula E)

KabarOto.com - Sirkuit Misano di pesisir Laut Adriatik untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah double-header Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA. Sebanyak 22 pembalap tampil di Sirkuit Marco Simoncelli sepanjang 4,064 km pada suhu 25 derajat Celcius.

Misano World Circuit Marco Simoncelli, juga dikenal sebagai Sirkuit Marco Simoncelli, merupakan sebuah sirkuit balap di Italia yang terletak di dekat kota Misano Adriatico.

António Félix da Costa dari tim Porsche meraih kemenangan pada hari Sabtu (13/04), setelah berhasil menaklukan 28 putaran yang penuh perubahan posisi. Pembalap berusia 32 tahun ini berhasil mempertahankan posisinya. "Ini adalah tantangan yang harus dihadapi dalam balapan. Ketika semuanya berjalan sesuai rencana dan kita berhasil meraih kemenangan, rasanya sungguh memuaskan," ucap da Costa pasca balapan.

Baca Juga: 4 Porsche 99X Kembali Siap Dominasi Formula E 2024

Namun, lima jam setelah balapan, pembalap Portugal itu didiskualifikasi karena peredam gas di mobilnya tidak sesuai regulasi. Hal ini membuat pembalap lain naik satu posisi, sehingga Oliver Rowland (Tim Formula E Nissan) dinyatakan menjadi pemenang.

Pada seri selanjutnya di hari Minggu, Rowland sempat memimpin balapan hingga memasuki lap terakhir, tetapi kemudian kehabisan energi. Saat itu, pembalap Porsche, Pascal Wehrlein, menyusul Rowland dan sukses meraih kemenangan.

Pembalap asal Jerman tersebut berada garis terdepan sepanjang 26 putaran. Seri ini menjadi kesuksesan keduanya di musim ini. Adapun Dennis mencapai garis finis di posisi kedua, diikuti oleh Nick Cassidy dari tim Jaguar TCS Racing di posisi ketiga. Wehrlein dan Dennis kini memimpin klasemen dengan 89 poin setelah menuntaskan tujuh dari 16 balapan.

Baca Juga: Keunikan Masing-masing Pabrikan Warnai Balap Pembuka Formula E Jepang

Untuk pertama kalinya pada musim ini, para pembalap pendatang baru dapat mencoba mobil Gen3 di Kejuaraan Dunia Formula E. Pada sesi latihan bebas di hari Jumat (12/04). Taylor Barnard dari NEOM McLaren Formula E Team mencatatkan waktu tercepat di Sirkuit Dunia Marco Simoncelli Misano, mengungguli Robert Shwartzman (DS Penske) dan Zane Maloney (Andretti). Matt Campbell dari tim Porsche juga mencatat waktu cepat, meraih posisi lima besar.

Formula E akan memperkenalkan mobil baru Gen3Evo menjelang Monaco E-Prix pada 25 April mendatang. Peresmiannya akan di Yacht Club de Monaco. Mobil baru itu akan dilengkapi dengan kit aerodinamika baru, powertrain baru, dan pembaruan tambahan lainnya.