POPULAR STORIES

Kia Kenalkan Teknologi Baru Transmisi Manual Clutch-By-Wire

Kia Kenalkan Teknologi Baru Transmisi Manual Clutch-By-Wire Sumber Foto : KIA Global

KabarOto.com – Setelah Kia merilis Rio facelift untuk pasar Eropa beberapa waktu lalu, kali ini mereka memperkenalkan teknologi terbaru transmisi manual 6 percepatan dengan fitur clutch-by-wire yang diberi nama Intelligent Manual Transmission (iMT).

Dengan teknologi tersebut, Kia menyakini mampu mendongkrak efisiensi dan mereduksi emisi gas CO2. Sistem transmisi manual ini nantinya akan hadir untuk beberap line-up hybrid, rencananya teknologi ini akan mulai disematkan pada Kia Rio EcoDynamics 2021.

Baca Juga : Terinspirasi Dari SUV, Begini Penampakan Terbaru New Kia Sedona

Cara kerjanya sendiri tidak menggunakan kinerja mekanis lagi, nantinya kopling akan dioperasikan secara elektronik dan terintegrasi dengan mesin mild-hybrid 48V.

Artinya transmisi (iMT) ini bekerja dengan motor starter MHSG (Mild-Hybrid Starter Generator) untuk mematikan mesin lebih awal dari sistem start-stop pada Kia Idle Stop & Go. Hasilnya, teknologi ini diklaim akan meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangsi emisi CO2 sekitar 3 persen.

Adapun cara iMT beroperasi, ketika membiarkan mobil dibiarkan melaju pengemudi biasa meninggalkan transmisi di posisi semula untuk membantu mengurangi kecepatan secara perlahan. Ketika hal ini dideteksi oleh iMT, sistem ini akan memberi sinyal menuju girboks dan MHSG agar mesin dimatikan dan transmisi melepaskan pelat kopling.

Saat mesin tidak beroperasi, berarti mobil akan terus melaju. Andai ketika pengemudi menginjak pedal gas atau pedal kopling, MHSG segera menyalakan mesin kembali. Saat di posisi gigi yang sama atau netral, unit MHSG dengan tenaga baterai 48V akan memberikan dorongan elektris instan. Yang bertujuan untuk memastikan ketepatan putaran mesin dan transmisi.

Baca Juga : Cara Mudah Mengecek Kondisi Ban Mobil

Walaupun teknologi clucth-by-wire ini terdengar merepotkan, pihak Kia klaim sistem pengoperasian dan karakteristiknya serupa dengan transmisi manual konvensional.

Teknologi terbaru ini merupakan hasil pengembangan di Hyundai Motor Europe Technical Center di Offenbach, Jerman. Diawasi oleh Dr Michael Winkler selaku Head of Powertrain.

Winkler mengatakan, “Transmisi otomatis atau double-clucth cocok untuk banyak pengendara, namun sebagian pengemudi Eropa masih suka mengganti gigi sendiri. Di samping meningkatnya permintaan model elektris, IMT merupakan hasil perncarian kami untuk melakukan elektrifikasi transmisi manual.”