Kimera EVO37, Restorasi Mobil Reli Legendaris Bisa Ditebus Rp8,4 M

Kimera EVO37, Restorasi Mobil Reli Legendaris Bisa Ditebus Rp8,4 M Sumber Foto : Kimera Automobili

KabarOto.com – Pada era 1980-an, ajang balap Reli FIA Grup B yang membuat pabrikan mobil asal Italia, Lancia harus mengembangkan model baru untuk berkompetisi.

Oleh karena itu, lahirlah Lancia 037. Tentu saja, sebagai bagian dari aturan homologasi beberapa unit Lancia 037 juga dibuat. Pada masa ini, perusahaan asal Italia, Kimera Automobili ingin menghidupkan kembali kejayaan model 037 dengan restorasi dan memodifikasi salah satu unitnya.

Baca Juga : Restorasi Unik Porsche 911 Super Carrera Bergaya Klasik

Akhirnya, pihak Kimera berhasil membuat sebuah restomod yang bernama Kimera EVO37. Meskipun sudah mendapatkan modifikasi, EVO37 berusaha untuk tetap setia dengan tampilan aslinya. Satu-satunya perubahan hanya penggunaan lampu LED.

Selain itu, mobil tersebut juga sedikit lebih panjang dan bodinya terbuat dari serat karbon, bukan fiberglass yang digunakan oleh Lancia. Sisanya, dari spoiler belakang hingga bentuk atap masih seperti aslinya.

Bagian sasis dan kaki-kaki sudah diperkuat

Pada bagian performa, unit mesin bensin empat silinder berkapasitas 2.100 cc sudah mendapatkan tuning ulang dengan turbocharged. Mesin ini kini memiliki tenaga 505 dk dengan tendangan torsi 550 Nm, sebelumnya mesin ini hanya memiliki keluaran tenaga 273 dk dengan torsi 300 Nm.

Tenaga itu disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 6 percepatan dengan pelat kopling ganda. Untuk mendukung tenaga lebih besar, pihak Kimera telah merombak sasis 037 dengan memasang suspensi Ohlins yang dapat diatur. Selain itu, roda dan pelek lebih lebar serta penggunaan rem Brembo empat piston yang dapat dipesan menggunakan bahan cakram baja atau karbon keramik.

Baca Juga : Lamborghini Huracán Super Trofeo EVO2, Lebih Beringas!

Seperti mobil aslinya, telah terpasang subframe tubular baru di bagian depan dan belakang serta roll bar yang lebih kuat untuk menopang kabin. Bagian setir juga telah dibentuk sesuai dengan spesifikasi yang sama dengan Lancia Delta S4.

Pihak Kimera tentu akan menjual untuk publik dan akan melakukan debutnya pada gelaran Goodwood Festival of Speed pada awal Juli mendatang. Tetapi, mobil ini ekslusif karena hanya 37 unit Kimera EVO37 yang akan dibuat dan dijual. Bicara soal harga tiap unit dibanderol sekitar EUR480.000 atau setara Rp 8,4 miliar.

Berita Terkait

Berita Terkait