POPULAR STORIES

Knalpot Motor Keluar Asap Putih? Ini Penyebabnya

Knalpot Motor Keluar Asap Putih? Ini Penyebabnya

Kabaroto.com - Di jalan raya sering kita temukan motor 4 tak yang mengeluarkan asap putih tebal. Jika kita berada dibelakangnya tentu tidak akan menyukai kondisi ini. Apalagi jika motor kita yang mengalami hal tersebut, tentu bertanya-tanya kenapa motor ini dan harus bagaimana. kabaroto akan memberikan informasi kenapa motor mengeluarkan asap putih tebal.

Yang pertama penyebab asap putih keluar dari motor adalah Liner Cylinder motor baret. Komponen ini ada dibagian blog mesin. Bagian ini melindungi bagian dalam cylinder blok dari gesekan piston. Gerakan piston yang maju-mundur atau naik-turun bisa menyebabkan goresan atau lecet pada liner cylinder. Goresan itu menjadi celah oli mesin untuk masuk ke ruang pembakaran. Akibatnya oli masuk dan terbakar menjadi asap pekat.

Baca Juga:

Piston dan Ring Piston sudah haus. Piston yang kurang baik bisa membuat oli masuk ke ruang pembakaran, hal itu karena piston mengalami keretakan. Ring piston ada dua jenis. Ada ring kompresi dan ring oli. Ketika ring mengalami keausan akibat factor usia atau kurang perawatan ,itu membuat oli rembes ke ruang bakar.