Knalpot Valentino Balboni Khusus Untuk Lamborghini Huracan STO

Knalpot Valentino Balboni Khusus Untuk Lamborghini Huracan STO Dok : Valentino Balboni

KabarOto.com – Nama Valentino Balboni bukan orang baru di Lamborghini. Ia merupakan mantan Kepala Penguji Lamborghini. Bekerja sejak 1968, kabarnya pria 72 tahun itu sudah pernah menjajal setidaknya 80 persen semua model Lamborghini yang pernah dibuat.

Ia pensiun pada 2008 setelah peraturan pemerintah mengharuskan pensiun setelah 40 tahun bekerja. Bahkan untuk mendedikasikannya, Lamborghini membuat sebuah edisi khusus berbasis Gallardo LP550-2 Valentino Balboni Edition pada 2009.

Pengalamannya yang sudah empat dekade itu ia tumpahkan di produk exhaust system baru yang dibuat khusus untuk Lamborghini Huracan STO. Saking spesialnya hanya sekitar 40 unit saja dibuat di dunia, sementara 20 diantaranya akan dibuat dengan nama pemilik terpampang agar tampak eksklusif.

Baca juga: Lamborghini Huracán GT3 EVO2, Lanjutkan Kesuksesan Di Lintasan Balap

Berat total hanya 6,46 kg, sehingga mengirangi bobot keseluruhan mobil. Itu karena menggunakan bahan knalpot Inconel-titanium hybrid. Sambungan tiap pipa juga dilakukan dengan teknik tig welding sehingga terhubung kuat. Desain internal juga dibuat sedemikian rupa demi optimalisasi tenaga dan torsi.

Produsen juga memperkenalkan pipa ekor unik, namun memang sengaja dibuat seperti ini berdasarkan teknologi mesin jet terbaru seperti mesin Rolls-Royce Trent dari 787 Dreamliner. Hal ini bisa pengoptimalan aliran pembuangan sehingga tenaga makaimal.

Baca juga: Lamborghini Huracán Tecnica, Paling Kuat Dan Lincah

“Knalpot VB baru kami adalah sistem terbaik yang mungkin dapat diproduksi untuk Huracan STO. Ini sepenuhnya meningkatkan DNA balap STO, dan juga merupakan VB pertama kami bagi mesin V10. Saya tidak akan menyembunyikan bahwa knalpot ini telah menjadi paling menantang, dan menarik sejauh ini untuk dirancang. Seperti biasa dengan VB, fokus khususnya demi membebaskan raungan mesin V10, semua tentang kemurnian suara,” ujar Valentino.