POPULAR STORIES

Kolaborasi Hyundai Dan WayRay Ciptakan Kaca Holografik

Kolaborasi Hyundai dan WayRay Ciptakan Kaca Holografik Foto: Hyundai

KabarOto.com - Hyundai Motor Group, bekerja sama dengan perusahaan startup teknologi dari Swiss, WayRay AG, telah meluncurkan sistem navigasi Augmented Reality (AR) Holographic pertama di dunia yang dilengkapi dengan Genesis G80 di CES 2019.

Teknologi ini akan dipajang di stand WayRay 3110,Center’s North Hall Las Vegas Convention Center, selama CES 2019 berlangsung.

Hyundai Cradle merupakan pusat bisnis inovasi terbuka Hyundai, memutuskan untuk berinvestasi secara strategis di WayRay pada September lalu. Hal ini dilakukan juga sebagai pengakuan atas kepemimpinannya dalam teknologi AR holografik dan potensi pertumbuhannya di masa depan.

Baca Juga: Keren! Hyundai Sematkan Teknologi Canggih Fingerprint

Sebelum investasi awal ini, Hyundai Motor Group telah melakukan penelitian pendahuluan sendiri tentang penerapan teknologi holografik untuk kendaraan pada awal 2017. Kemudian Hyundai memperluas komitmennya untuk memproduksi suku cadang berkualitas dengan WayRay.

Hyundai dan WayRay terus mengembangkan teknologi navigasi AR holografik pada kendaraan yang diproduksi secara massal. Untuk pengujiannya dilakukan melalui uji jalan jangka panjang di Korea Selatan untuk meminimalkan kesalahan sistem.

"Mobil demo ini adalah langkah pertama dari proof of concent (PoC), tetapi merupakan langkah penting menuju inovasi yang didorong teknologi," kata Yunseong Hwang, Direktur Open Business Innovation Group dari Hyundai Motor Group.

Kaca depan dimasa depan akan lebih dari sekadar kaca. Kaca bertenaga AR holografik akan berfungsi sebagai platform untuk menyediakan layanan baru dan membuka pengalaman baru di dalam kendaraan.

Keuntungan terbesar dari sistem navigasi AR holografik yang dibangun ke dalam kendaraan adalah bahwa gambar stereoskopis ditampilkan di jalan yang sebenarnya dan disesuaikan secara tepat sesuai dengan sudut pandang spesifik pengemudi, sehingga memberikan panduan mengemudi yang akurat.

hyundai

Pengemudi bisa menikmati gambar holografik yang jelas tanpa mengenakan headset. Arah gerakannya juga dijaga agar tetap presisi melalui kecepatan kendaraan secara real-time

Selain itu, gambar holografik akan memproyeksikan peringatan navigasi melalui kaca depan ke jalan yang memungkinkan pengemudi untuk menavigasi dengan aman sambil melihat ke depan tanpa gangguan.

Tampilan WayRay tidak hanya menampilkan fitur navigasi seperti panduan jalur, titik tujuan, dan kecepatan. Dalam AR juga akan menggabungkan fitur Driver Assistance Systems (ADAS) seperti peringatan keberangkatan jalur dan peringatan tabrakan.

Baca Juga: Keren! Hyundai Punya Sistem Valet Otomatis, Atur Kendaraan Pakai Smartphone

Gambar virtual 1,310mm x 3,152mm diproyeksikan pada jarak 15m dari mata pengemudi. Kedua pihak akan terus bekerja sama untuk memperluas teknologi AR holografik agar dapat menampilkan orang, benda, bus, jalur sepeda, dan penyeberangan, dan sebagainya.

Hyundai dan WayRay juga akan mengembangkan lebih lanjut fungsi ADAS yang lebih canggih seperti sistem peringatan di sisi belakang dan Highway Driving Assist (HDA).

"Ketika pasar otomotif mengalami transformasi yang didorong oleh teknologi AR yang mendalam, para pembuat mobil besar dengan cepat mengadopsi solusi AR untuk menemukan keunggulan kompetitif lainnya," kata Vitaly Ponomarev selaku CEO WayRay.

Selain itu, Hyundai juga berharap penggabungan teknologi V2X (Vehicle to Everything) dan fitur konektivitas akan memungkinkan data yang lebih canggih lagi. Seperti sinyal lalu lintas, informasi kendaraan di sekitarnya, serta kondisi jalan atau cuaca yang disediakan secara real time.