POPULAR STORIES

Kombinasi Ban Menjadi Kunci Sukses WRC Portugal 2023

Kombinasi Ban Menjadi Kunci Sukses WRC Portugal 2023 Dok WRC Kroasia 2023 (foto : WRC)

KabarOto.com – Manager aktivitas Reli Pirelli, Terenzio Testoni, mengungkapkan pilihan ban untuk kunci kemenangan World Rally Championship (WRC) Portugal 2023.

Seri WRC Portugal akan cukup sulit bagi para pereli. Karena memiliki trek kerikil yang licin pada fase pertama. Sementara, pada fase kedua permukaannya akan menjadi lebih rumit dan kasar. Oleh karena itu, para pereli harus mengatur dan memilih ban yang tepat jika ingin mendapatkan hasil yang baik.

Baca Juga : Usai Kecelakaan Craig Breen, FIA Mendukung WRC Tingkatkan Keselamatan

Pirelli Scorpion hadir dengan kompon Soft dan Hard untuk WRC Portugal 2023

Adapun faktor lainnya yang harus diperhitungkan adalah waktu dan cuaca. Jika, hujan turun maka permukaannya semakin licin dan beberapa begian akan berlumpur. Untuk alasan tersebut, Pirelli telah memutuskan untuk membawa Pirelli Scorpion KX WRC. Ban tersebut diklaim untuk melibas jalan kerikil dan dikembangkan khusus untuk mobil Rally1.

Baca Juga : Hasil WRC Kroasia 2023 : Elfyn Evans Cetak Kemenangan

“Kunci untuk mendapatkan hasil yang baik akhir pekan ini adalah menemukan perpaduan yang tepa tantara pemilihan ban kompon soft dan hard di berbagai lintasan. Mengingat ban jenis pertama akan sempurna untuk permukaan berpasir dan licin. Sementara ban jenis kedua akan melakukan yang terbaik di permukaan yang bergelombang dan lebih berbahaya,” ungkap Terenzio Tertoni.

Untuk alokasi ban, pihak Pirelli membawa kompon soft (utama) untuk melibas trek berpasir dan licin. Lalu, kompon hard (opsi) cocok untuk permukaan abrasive dan lintasan kedua dalam tahapan khusus. Adapun setiap pereli kelas Rally1 akan dapat memilih ban selama 19 etape. Yang termasuk 24 ban kompon soft dan 8 ban kompon hard.