POPULAR STORIES

Hasil WRC Kroasia 2023 : Elfyn Evans Cetak Kemenangan

Hasil WRC Kroasia 2023 : Elfyn Evans Cetak Kemenangan Elfyn Evans raih kemenangan di WRC Kroasia 2023 (foto : WRC)

KabarOto.com – Pereli tim Toyota Gazoo Racing, Elfyn Evans berhasil meraih kemenangan di World Rally Championship (WRC) Kroasia 2023.

Evans bersama co-driver, Scott Martin tampil apik dengan mengalahkan Ott Tanak (M-Sport Ford) dengan selisih waktu 27 detik. Sementara, Esapekka Lappi (Hyundai Motorsport) menempati tiga besar dengan gap 58,6 detik.

Baca Juga : Craig Breen Meninggal Dunia Saat Menjalani Tes WRC Kroasia 2023

Pihak tim dari Korea Selatan itu hanya menurunkan dua mobil saja. Karena untuk menghormati pereli ketiganya yaitu Craig Breen yang meninggal akibat kecelakaan saat menjalani sesi tes WRC Kroasia pada pekan lalu.

Ott Tanak raih podium kedua

“Rasanya sangat tidak berarti (kemenangan) sekarang. Itulah intinya, jelas kami telah bekerja untuk meraih hasil ini. Mengejutkan betapa kecilnya artinya saat ini. kami kembali merindukan teman kami (Craig) sekarang, saat melewati garis finis ada rasa yang berbeda,” ungkap Elfyn Evans.

Sebelumnya, masalah turbo pada awalnya membuat Evans tidak dapat mengikuti Shakedown, Kamis, sehingga membatasi pereli asal Wales tersebut untuk mengikuti satu kali putaran. Namun, berkat penampilan solid di delapan etape, Jumat, gap dengan Thierry Neuville (Hyundai Motorsport) tinggal 5,7 detik keesokan hari setelah mencetak waktu tercepat satu-satunya di Special Stage 8.

Baca Juga : FIA Mengeluarkan Regulasi Baru Untuk WRC Rally1 Memiliki Suara Saat Mode EV

Esapekka Lappi raih podium ketiga

Evans mewarisi keunggulan 19,1 detik pada Sabtu pagi ketika Neuville mengalami kecelakaan di SS 11. Pereli asal Belgia ini mengalami kerusakan pada suspensi belakang kiri i20 N miliknya setelah menyenggol beton karena salah mengoper gigi tiga ke gigi kanan.

Mundurnya Neuville pada hari itu menciptakan pertarungan sengit antara Evans dan Tanak, di mana pereli Estonia berhasil meraih momentum setelah menyempurnakan setelan mobil Ford Puma miliknya. Evans berjuang untuk mendapatkan kepercayaan diri di jalanan yang dipenuhi kerikil akibat banyaknya serpihan pada Sabtu sore, yang memungkinkan Tanak untuk menyerang.

Juara WRC 2019 mendekati Evans dengan selisih waktu 12,5 detik sebelum pereli Ford tersebut mengalami masalah transmisi dan masalah hidrolik yang membatasi penggunaan rem tangan, yang membuatnya kehilangan beberapa detik yang sangat berharga di dua etape terakhir. Berbekal keunggulan 25,4 detik, Evans melakukan drive yang terukur di empat etape terakhir, Minggu, untuk meraih kemenangan yang emosional dan mengakhiri puasa juara.

Hasil podium dipersembahkan untuk Craig Breen

Berikut Hasil WRC Kroasia 2023 :

1.Elfyn Evans (Toyota Gazoo Racing) 2 jam 50 menit 54 detik

2.Ott Tanak (M-Sport Ford) +26,9 detik

3.Esapekka Lappi (Hyundai Motorsport) +58,5 detik

4.Kalle Rovanpera (Toyota Gazoo Racing) +1:18 detik

5.Sebastian Ogier (Toyota Gazoo Racing) +1:27 detik

6.Takamoto Katsuta (Toyota Gazoo Racing) +2:22 detik

7.Pierre-Louis Loubet (M-Sport Ford) +4:22 detik

8.Yohan Rossel (PH Sport) +7:51 detik

9.Nikolay Gryazin (Toksport) +8:07 detik

10.Oliver Solberg (Toksport) +9:16 detik