POPULAR STORIES

Craig Breen Meninggal Dunia Saat Menjalani Tes WRC Kroasia 2023

Craig Breen Meninggal Dunia Saat Menjalani Tes WRC Kroasia 2023 Craig Breen (foto : Hyundai Motorsport & WRC)

KabarOto.com – Duka menyelimuti keluarga besar Kejuaraan Reli Dunia (WRC) dan Hyundai Motorsport. Craig Breen meninggal dunia usai kecelakaan, saat melakukan uji coba untuk seri Kroasia.

Pada Kamis (13/04/2023) waktu setempat, ia melakoni tes di jalan aspal Kroasia sebagai persipan untuk balapan keduanya musim ini. Pereli ketiga tim Hyundai itu, mengalami kecelakaan dan nyawannya tidak tertolong akibat luka-luka yang dideritanya. Sedangkan, James Fulton sang navigator tidak mengalami cedera.

Baca Juga : FIA Mengeluarkan Regulasi Baru Untuk WRC Rally1 Memiliki Suara Saat Mode EV

Craig Breen di WRC Swedia

“Hyundai Motorsport dengan sangat sedih mengonfirmasi bahwa pereli, Craig Breen hari ini (Kamis) telah kehilangan nyawanya. Setelah mengalami kecelakaan saat tes Reli Kroasia. Co-driver, James Fulton tidak terluka dalam insiden. Hyundai Motorsport menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga Craig, teman-teman dan banyak penggemarnya,” ungkap pernyataan resmi Hyundai Motorsport.

Pereli 33 tahun yang berstatus pembalap paruh waktu itu, pindah setelah menjalani satu musim penuh bersama M-Sport Ford musim lalu. Ia diturunkan di WRC Swedia pada Febuari silam dan berhasil menjadi runner-up. Hasil tersebut menyamai rapor terbaik sepanjang kariernya di WRC, setelah sebelumnya finis kedua di Swedia 2018, Estonia 2020-2021, Belgia 2021, dan Sardinia 2022.

Sebelum memulai reli, putra dari pereli Ray Breen ini memulai kariernya di sirkuit. Namun, ia menemukan ketertarikan besar pada reli dan memutuskan pindah haluan pada 2009.

Baca Juga : Kembali Ke F1, Ford Tidak Akan Tinggalkan WRC

Craig Breen sempat membela M-Sport Ford

Setelah berkompetisi di Reli Inggris dan Irlandia pada 2010 silam, ia maju ke ajang WRC pada musim berikutnya, dan bertarung di WRC Academy. Lalu, dirinya berhasil menjadi pemenang Academy Cup perdana. Setelah itu, berhasil mencapai level teratas reli pada 2016, dengan mengendarai Citroen DS3 secara paruh waktu, dan menyabet podium perdana usai finis posisi ketiga di Reli Finlandia.

Lalu, tim Hyundai Motorsport merekrutnya sebagai pereli paruh waktu dari 2019-2021. Di mana Breen mencetak empat podium dari sembilan seri. Ia sempat beralih ke M-Sport msuim lalu, namun kembali ke Hyundai pada musim 2023. Ia mampu mengoleksi 30 kemenangan etape WRC dengan total delapan podium dari 81 reli.

Berita Terkait

Berita Terkait