POPULAR STORIES

Komunitas Kutu Vespa Sosialisasi Bahaya Pakai Ponsel Di Jalan Pada Ojol

Komunitas Kutu Vespa Sosialisasi Bahaya Pakai Ponsel di Jalan pada Ojol Foto: Kipli/Kutu Community

KabarOto.com - Kutu Community menutup kegiatan di tahun 2019 dengan mengadakan kampanye bahaya ponsel saat berkendara kepada pengemudi Ojek Online (Ojol) di Saung Liong, Depok, Jawa Barat, Sabtu (24/11/2019).

Kegiatan sosial ini menjadi bagian dari misi Kutu Community sejak didirikan pada 2014 silam, untuk terus menggaungkan keselamatan berkendara di jalan raya. Melihat makin banyaknya penggunaan ponsel saat berkendara, komunitas pengguna skuter ini mulai bergerak sosialisasikan kampanye dengan tema 'Ponsel + Naik Motor = MAUT'.

“Fakta di lapangan banyak pengendara motor terutama pengemudi Ojol yang telah menjadikan penggunaan ponsel saat mengendarai tunggangannya sebagai kebiasaan," ujar Yuri Rahadian, Sekjen Kutu Community.

Menurutnya, kebiasan buruk ini menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas yang berdampak domino dan akan merugikan pengemudi Ojol itu sendiri, penumpang bahkan pengguna jalan lainnya, seperti keluarganya atau orangtuanya.

Menariknya, edukasi bahaya penggunaan ponsel saat berkendara ini diberikan langsung di markas atau tempat berkumpulnya para Ojol di wilayah Depok, Jawa Barat. Dengan cara berbaur bersama para Ojol, sosialisasi yang dilakukan berjalan dengan dialog dua arah.

Baca Juga: Jalani Misi Perdana, Komunitas Mossic Scooter Gelar Santunan Di Cisauk

Layaknya seperti keluarga, sekitar 40-an pengemudi Ojol terlihat antusias mengikuti sosialisasi yang diberikan oleh member Kutu Community. “Bisa abang-abang bayangkan jika terjadi kecelakaan saat abang semua sedang mencari nafkah saat berkendara. Dampaknya akan dirasakan juga anak-istri di rumah,” papar Taufik, member Kutu Disrik Depok saat memberikan sosialisasi.

Himbauan untuk tidak menggunakan ponsel saat mengendarai motor ini pun mendapat sambutan baik dari semua pengemudi Ojol yang hadir. Faktor ekonomi dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari yang menjadi penyebab para Ojol sering menggunakan ponsel saat berkendara untuk mendapatkan order penumpang dan melihat peta jalan.

“Kegiatan ini sangat positif dan menambah pengetahuan dan pemahaman anggota kami akan bahaya dan dampak yang ditimbulkan akibat penggunaan ponsel saat berkendara. Kami senang sekali ada komunitas seperti Kutu Community yang mau berbaur dan berbagi ilmu di markas kami,” ujar Bang Bery, Ketua Ojol Liong Depok.

Para Ojol diberikan pin dan stiker keselamatan yang ditempelkan di sepeda motornya sebagai tanda pengemudi Ojol tersebut tidak akan menggunakan ponsel saat berkendara, melainkan mencari tempat aman untuk parkir terlebih dahulu baru menggunakan ponsel. Ini baru anak Vespa peduli sosial!