POPULAR STORIES

Konsumsi BBM All New Suzuki Ertiga Tembus 27,72 Km/L

Konsumsi BBM All New Suzuki Ertiga Tembus 27,72 Km/L Test Drive All New Suzuki Ertiga

KabarOto.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) baru saja mengajak puluhan puluhan jurnalis otomotif untuk dapat merasakan langsung generasi terbaru dari low multi purpose vehicle (LMPV), All New Suzuki Ertiga. Rute yang dipilih Suzuki Indonesia untuk dapat merasakan ketangguhan Suzuki Ertiga baru pun digelar di Pulau Dewata, Bali.

Selama tiga hari, KabarOto yang menjadi salah satu peserta Media Test Drive All New Suzuki Ertiga, berkesempatan untuk menjajal berkendara bersama Suzuki Ertiga dengan jarak tempuh mencapai 250 kilometer.

Dalam kesempatan test drive tersebut, beberapa rangkaian kegiatan pun menjadi agenda test drive Ertiga yang salah satunya adalah lomba irit bahan bakar.

Baca juga: All New Suzuki Ertiga Bakal Diekspor ke 20 Negara Mulai September 2018

Uji konsumsi bahan bakar tersebut dilakukan dengan mengisi tangki BBM hingga penuh, kemudian disegel. Selain itu, selama lomba irit BBM tersebut pengaturan pendingin kabin juga hanya diperbolehkan di level satu saja, baik untuk kipas depan maupun belakang.

Selama pengujian tersebut, SIS menyediakan setidaknya 10 unit Suzuki Ertiga yang terdiri dari dua varian, yaitu transmisi otomatis dan juga manual. Tentunya kedua varian tersebut menghasilkan hasil konsumsi yang juga berbeda.

Test Drive All New Suzuki Ertiga

Jika berangkat dari hasil pengujian yang dilakukan oleh Balai Teknologi Termodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), tercatat Suzuki Ertiga baru dengan transmisi manual dapat menghasilkan konsumsi bahan bakar mencapai 18,6 km/l, sementara untuk varian matik menorehkan konsumsi BBM sebesar 16,73 km/l. Wow.. lumayan irit bukan?

Namun hasil tersebut ternyata tak sebanding dengan hasil pengujian yang dilakukan oleh para jurnalis yang menorehkan angka yang ternyata jauh lebih hemat. Meski jalur yang harus dilalui selama proses pengujian yang terbilang cukup berat. Mulai dari melintasi jalur Ubud menuju Taman Soekasada yang diketahui berkelok dan juga perbukitan.

Test Drive All New Suzuki Ertiga

Setelah itu menelusuri garis pantai menuju Amed Beach yang juga memiliki jalur perbukitan. Hasilnya pun cukup mengejutkan, di mana para peserta berhasil menorehkan rekor baru untuk All New Ertiga dengan konsumsi BBM sebesar 27,72 kpl untuk transmisi manual dan 25,98 kpl untuk transmisi otomatis.