POPULAR STORIES

Kontrak Habis, F1 Monako Tepis Berita Akan Digantikan

Kontrak Habis, F1 Monako Tepis Berita Akan Digantikan Dok : F1

KabarOto.com – Ada beberapa sirkuit baru diyakini bakal jadi tempat diselenggarakannya Formula 1. Namun, hal ini juga bakal berdampak ke sirkuit-sirkuit klasik, sebab selama satu musim F1 hanya bisa menyelenggarakan maksimal 24 balapan. Serta dirumorkan bahwa yang paling mungkin tersingkirkan adalah balapan di Monako.

Kontrak Sirkuit Monako berakhir pada akhir musim 2022. Kehadiran seri baru seperti Las Vegas dan Miami pun digadang-gadang bakal menggeser posisi GP Monako. Mendengar hal itu, Presiden Automobile Club de Monaco, Michel Boeri, mengatakan bakal ada kesepakatan baru antara pihaknya bersama organisasi F1.

Baca juga: FIA Tanggapi Keluhan Safety Car Kura-Kura

“Tersirat bahwa biaya yang diminta oleh Liberty terlalu berlebihan untuk Monako, dan Grand Prix tidak akan lagi diadakan, Itu tidak benar. Kami masih dalam pembicaraan dengan mereka dan sekarang harus menyegel kesepakatan kontrak. Saya menjamin bahwa Grand Prix Monako akan terus berlangsung setelah 2022. Tidak tahu apakah itu akan berdurasi kontrak tiga atau lima tahun, tapi itu detailnya,” ujar Boeri.

Sirkuit jalan raya Monte Carlo memang sudah jadi ikon F1 sejak lama, balapan Formula 1 di Monako berlangsung sejak 1929, sirkuit ini dianggap sebagai salah satu balapan mobil paling penting dan bergengsi di dunia.

Baca juga: Mobil F1 Penghormatan Ayrton Senna Bakal Dipajang Di Imola

Salah satu trek yang juga mengukur teknik mengemudi, mengingat ukuran lintasan sempit membuat pembalap harus ekstra hati-hati, lalu diperlukan perhitungan matang mendahului lawan.

Ayrton Senna pun masih menyandang nama pembalap terbanyak menang di sirkuit ini, sebanyak enam kali pada 1987, 1989, 1990, 1991, 1992 dan 1993.