Korlantas Polri: Pola Kendaraan Pemudik Tahun Ini Berbeda Dengan Sebelumnya

Korlantas Polri: Pola Kendaraan Pemudik Tahun Ini Berbeda dengan Sebelumnya NTMC

KabarOto.com - Berdasarkan hasil temuan dan pantauan arus mudik dilapangan, Pamatwil Operasi Ketupat 2022 Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan, menyampaikan bahwa pergerakkan volume kendaraan musim mudik 2022 sangat berbeda dari musim mudik 2019.

“Musim arus mudik lebaran tahun 2022 ini terdapat anomali yang lain dan berbeda tidak seperti arus mudik 2019 silam,” ucap Dirgakkum Korlantas.

Brigjen Pol Aan menjelaskan berdasarkan data dari Jasa Marga, puncak arus terjadi pada tanggal 29 April 2022 kemarin, kemudian ada anomali yang terlihat sebanyak 70 ribu kendaraan melalui gerbang tol Cikarang Utama (Cikatama). Ia menyimpulkan, anomali juga akan terjadi pada saat arus balik.

Baca juga: Lewati Lebaran, Angka Pemudik Masih Merangkak Naik Dari 34,3 Menjadi 40,7 Persen

“Pada 2019 saat H-1 dan hari H arus lalin sudah mulai lenggang. Sedangkan pada mudik tahun 2022 ini pada H-1 memang ada penurunan, namun pada hari H ada peningkatan volume kendaraan sampai 70 ribu di Cikatama.

Pada H+1 pun ada peningkatan, hingga hari ini berdasarkan pantauan arus kendaraan masih cukup deras. Namun kita sudah mengambil intervensi penambahan kapasitas contraflow hingga dua lajur,” jelasnya.

Baca juga: Polisi Imbau Pemudik Lebaran Pulang Sebelum Atau Sesudah Puncak Arus Balik

Brigjen Pol Aan mengingatkan pada arus balik harus diantisipasi betul, jangan sampai lengah mengingat 700 ribu lebih kendaraan sebelumnya tercatat mengarah ke timur. Tak hanya itu, Brigjen Pol Aan menyebutkan di penyeberangan pelabuhan pun terdapat peningkatan kendaraan pribadi.

“Untuk Bakauheni siap-siap dan diantisipasi betul. Jangan sampai membuat permasalahan baru ketika tol tertutup penuh, sehingga arus tidak bisa berjalan. Kemudian untuk di Merak juga antisipasi pertemuan keluar dan masuk jangan sampai terjadi stagnansi,” imbuhnya.