POPULAR STORIES

Polisi Imbau Pemudik Lebaran Pulang Sebelum Atau Sesudah Puncak Arus Balik

Polisi Imbau Pemudik Lebaran Pulang Sebelum Atau Sesudah Puncak Arus Balik Kipli

KabarOto.com - Korlantas Polri memprediksi puncak arus balik Lebaran 2022 akan terjadi pada 6-8 Mei 2022, sehingga diprediksi volume kendaraan yang melintas ke arah Jakarta bakal tinggi. Polisi meminta warga pulang lebih awal.

Pihaknya berharap, dengan pulang lebih awal, arus lalu lintas tidak akan macet seperti saat puncak mudik Lebaran 2022. Ia juga memberikan opsi lain agar warga baru pulang pada 9 Mei atau setelahnya jika memiliki waktu cuti yang cukup.

Baca Juga: Gandeng TNI Polri, Ini Cara Komunitas TOSCA Tangkis Covid-19 Varian Omicron Di Tangerang Selatan

"Tanggal 6, 7, dan 8 itu juga nanti akan terjadi puncak arus balik yang cukup tinggi," kata Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi kepada wartawan, Selasa (03/05).

Sebelumnya, pemerintah memprediksi puncak arus balik mudik Lebaran 2022 terjadi pada 6 hingga 8 Mei mendatang. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau agar masyarakat yang saat ini mudik tak menunggu tanggal tersebut untuk pulang.

Baca Juga: Pertamina Gandeng TNI Dan Polri Beri Sanksi Penyelundup Solar

Seperti diketahui, puncak arus balik juga rawan kemacetan. Pihak berwenang mengaku telah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengatasinya, terutama pemudik yang akan pulang dari berbagai kota di Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur.

"Jumlah (pemudik tahun ini) yang betul-betul banyak sekali, sehingga saya mengimbau untuk kembalinya agar juga ada yang lebih awal," kata Jokowi dalam keterangan Setpres di Keraton Yogyakarta, Senin, (2/5).