Kreativitas Pemuda Minimalisir Sampah Plastik Diganjar Penghargaan Astra

Kreativitas Pemuda Minimalisir Sampah Plastik Diganjar Penghargaan Astra

KabarOto.com - Banyak hal yang dapat dilakukan pemuda bangsa untuk tetap menghidupkan semangat Hari Sumpah Pemuda, seperti di Kalimantan Selatan, ibu-ibu yang belanja ke pasar tradisional terbiasa menggunakan tas purun sebagai kantong untuk membawa berbagai macam barang belanja dan mengurangi sampah plastik.

Muhammad Aripin selaku pendiri Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar berusaha memberdayakan berbagai lapisan masyarakat, mulai dari anak jalanan hingga kaum difabel untuk dilatih dan berkarya membuat berbagai macam kerajinan tangan, salah satunya tas purun.

Baca Juga: Keuntungan Otomotif Anjlok 70 Persen, Astra Optimis Bangkit

Purun yang berbahan dasar rumput juga bisa dijadikan dompet ataupun tas yang modelnya diklaim modis untuk pemakaian sehari-hari. Aripin meraih apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) Awards di bidang kewirausahaan.

Aripin dan kawan-kawan mengerjakan pesanan tas purun untuk sebuah institusi pemerintah, sehingga tiap perajin dapat membawa pulang Rp3 – Rp5 juta per bulan. Namun karena adanya pembatasan kegiatan di saat pandemi, produksi tas purun terdampak.

“Alhamdulillah seiring dengan pelonggaran pembatasan sosial, sekarang mulai berdatangan pesanan-pesanan dari pemerintah daerah maupun dari luar kota. Walaupun belum stabil seperti sebelumnya,” ujar Aripin.