KTB Optimis Mitsubishi Fuso Mampu Dominasi Pasar Truk Di Tanah Air

KTB Optimis Mitsubishi Fuso Mampu Dominasi Pasar Truk di Tanah Air Mitsubishi Fuso Fighter (Deni/Kabaroto)

KabarOto.com - Tahun 2017 lalu menjadi tahun penting bagi PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan komersial Mitsubishi Fuso di Indonesia. Pasalnya KTB sukses mendominasi pasar di segmen truk ringan sebesar 58,1% pada 2017 lalu, yang diharapkan meluas ke seluruh pasar kendaraan niaga beberapa tahun mendatang.

Agar dapat mencapai target tersebut, KTB mencanangkan target sekurang-kurangnya 50% pangsa pasar kendaraan niaga mampu diraih di tahun 2020 mendatang. Pencapaian tersebut tentunya membutuhkan proses, untuk itu KTB berharap mampu meraih pangsa pasar sebesar 46% di tahun 2018 ini.

Duljatmono, Direktur Pemasaran KTB menjelaskan. "Melihat pencapaian kami di tahun 2017, menjadi bekal berharga bagi kami untuk menapaki tantangan yang ada di tahun 2018. Kami memiliki target jangka menengah untuk memperluas dominasi pasar niaga menjadi absolut 50%," ujarnya saat ditemui di JCC, Senayan, Jakarta (2/3/2018).

Tahun 2017 lalu sendiri merupakan tahun kebangkitan bagi segmen kendaraan komersial di Indonesia. Merek Mitsubishi sendiri berhasil meraih pertumbuhan yang cukup tinggi melalui Fuso, yang membukukan penjualan sebesar 42.319 unit atau tumbuh 28% dibandingkan 33.061 unit pada tahun sebelumnya. Penjualan tersebut mengantarkan Fuso menguasai 45% pangsa pasar kendaraan niaga 2017.

Baca juga: Mitsubishi Pamer Jajaran Produk Kendaraan Niaga di GIICOMVEC 2018

Mitsubishi Fuso Fighter
Mitsubishi Fuso Fighter (Deni/Kabaroto)

Selain itu, untuk segmen Light Duty Truck (LDT), yang dihuni oleh Colt Diesel turut merangkak naik dan berhasil mendominasi dengan pangsa pasar 58%. Ini merupakan capaian pangsa pasar terbesar dalam kurun waktu 8 tahun terakhir.

Untuk lebih memperkuat pasar di segmen kendaraan komersial di tanah air, KTB pun turut memperkuat jajaran produk mereka khususnya di segmen truk menengah/Medium Duty Truck (MDT) dengan menghadirkan, Fighter dalam waktu dekat.

Fighter sendiri baru saja diluncurkan Fuso dalam keikutsertaan mereka di ajang pameran otomotif kendaraan niaga. Dalam jangka waktu 3 tahun mendatang, KTB memiliki rencana untuk menambah lebih dari 16 varian Fighter. Beberapa varian di antaranya siap dipasarkan di tahun ini.

Kehadiran Fighter mendorong Mitsubishi Fuso untuk meraup peningkatan pangsa pasar segmen MDT dari 18,6% pada 2017, 23% pada 2018 dan 25% pada 2020.

"Kami ingin memberikan opsi dan pilihan lain bagi para pelanggan di segmen MDT, sekaligus mengantarkan ambisi jangka menengah 50% pasar kendaraan niaga," pungkas Duljatmono.