KTM 1290 Super Adventure R, Tak Ingin Tertandingi

KTM 1290 Super Adventure R, Tak Ingin Tertandingi

KabarOto.com - Sepertinya manufaktur asal Austria, KTM, tak ingin segmen yang selama ini dikagumi para pecinta motor adventure kedatangan tamu baru dari Amerika, Harley-Davidson Pan America.

Tak sampai 24 jam peluncurannya, KTM langsung menawarkan motor adventure yang diklaim bakal paling beringas di kelasnya. KTM 1290 Super Adventure R, dikabarkan sudah mendapat banyak sentuhan penyempurnaan. Tak takut bila aspal jalanan sudah habis pengendara bisa terus melanjutkan tanpa ragu.

Baca juga: Kawasaki Versys 2021 S dan SE, Banyak Fitur Anyar



Ergonomis motor telah dirancang ulang agar posisi berkendara tetap nyaman dan masih merasakan sensasi sentakan mesin. Meski motor tinggi, pengendara tak perlu ragu merebahkan motor ini di tikungan.

Mesin terbaru LC8 diklaim lebih ringan 1,6 kg dari pendahulunya, bahkan sudah memenuhi standar emisi Euro 5. Sentakan tenaga bisa kerahkan 160 dk pada 9.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 6.500 rpm. Distribusi bobot diklaim yang terbaik di kelasnya.



Tangki bahan bakar 23 liter yang diusung memang cukup besar tak tak mengganggu posisi berkendara. Konsumsi bahan bakar 17,5 kpl, memungkinkan pengendara menempuh jarak hingga 400 km.

Tinggi jok mencapai 880 mm, namun tetap memberikan kelincahan berkendara berkat teknologi suspensi lansiran WP Xplor. Memiliki diameter 48 mm dan punya jarak main 220 mm.

Baca juga: KTM 1290 Super Adventure S, Makin Berani Main Offroad



KTM 1290 Super Adventure R punya 6-axis lean angle sensor yang memilah informasi posisi motor agar motor bisa jinak saat keluar tikungan. Adanya saling kordinasi dengan Motorcycle Traction Control, Motor Slip Regunation, Motorcycle Stability Control dan Offroad ABS.

Mode berkendara juga ada pilihan Rain, Street, Sport dan Offroad. Juga ada pilihan mode Rally memungkinkan pengendara bisa bebas memelintir bukaan gas agar motor agresif. Bisa juga memilih satu dari sembilan tingkatan putaran ban. Bisa memantau melalui layar 7 inci TFT di dasbor, dapat disambungkan ke Connectivity Unit. Layar besar dan menu praktis serta tampilan jernih menunjukkan arah navigasi melalui aplikasi KTM My Ride.