KTM RC 8C 2022, Hadirkan Kelas Balapan Baru

KTM RC 8C 2022, Hadirkan Kelas Balapan Baru Sumber Foto : KTM

KabarOto.com – Pabrikan motor asal Austria, KTM mengajak para penggemar kecepatan untuk mengikuti kelas baru. Meluncurkan motor khusus balap terbaru yakni KTM RC 8C.

Berbekal pengalamannya di dunia balap, khususnya Moto2, KTM menghadirkan RC 8C. Namun, sebenarnya motor ini hanyalah rebadge dari motor balap Kramer GP2 890R yang dibalut fairing KTM.

Baca Juga : Joel Mastana Digandeng PMA Bikin KTM Riding Academy

Bodinya sangat terinspirasi dari MotoGP, terlihat dari penggunaan winglet di bagian depan fairing. Selain itu, terdapat chin scoop yang disematkan di bawah lengan ayun, tepat di depan ban belakang. Desain intake dibuat berbeda dari Kramer. Selain itu, perbedaan lainnya juga terlihat desain airbox.

Tangki bahan bakar juga sama seperti MotoGP, posisi terletak di bawah jok. Tetapi, tutup tangkinya diletakan di belakang untuk mengejar distribusi bobot terbaik. Tangki ini memiliki kapasitas mencapai 15,9 liter.

Motor ini dibekali mesin LC8C Liquid Cooled 8-valve compact dengan kapasitas mesin 890 cc yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 128 dk dengan torsi 101 Nm. Mesin ini dipadukan dengan sistem pembuangan dari Akrapovic.

Bagian rangkannya memakai model turbular baja jenis 25CrMo4, dipasang bersama lengan ayun Kramer GP2 R yang berkelir warna oranye khas KTM. Yang menarik, motor ini hanya memiliki bobot sekitar 140 kg saja.

Bagian kaki-kaki, suspensi mengandalkan WP Suspension dengan bagian depan WP APEX PRO 7543 berdiameter 43 mm. Sedangkan belakang, menggunakan tipe WP APEX PRO 7746. Suspensi ini dapat disetel sepenuhnya dengan pengaturan kompresi high-speed dan low-speed.

Pelek mengandalkan Dymax UP7X Forged Alumunium dan dibalut ban Pirelli. Pelek ini disandingkan double disc brake ukuran 290 mm untuk depan dengan kaliper Brembo Stylema 4 piston. Sedangkan belakang, kaliper 2 piston Brembo. Tidak lupa, master rem juga menggunakan Brembo 19RCS Corsa Corta.

Baca Juga : KTM 450 Rally Factory Replica, Buruan Hanya 80 Unit!

Instrumen kluster, mengandalkan layar TFT 5 inci dari AIM MXS 1.2 Race. Layar ini mampu menampilkan lap time, posisi throttle, dan data akselerasi.

Bicara soal harga, KTM RC 8C sekitar USD38.999 dolar atau setara Rp 567 jutaan dan hanya tersedia 100 unit saja. Motor ini bisa dipesan mulai 22 Juli melalui situs resmi KTM.

KTM juga menawarkan pada 25 pembeli pertama untuk bergabung dalam sesi tes privat di Jerez. Selain itu, akan mendapat pelatihan dari para tes rider KTM, Dani Pedrosa dan Mika Kallio. Jadi bagaimana Sob, tertarik?