POPULAR STORIES

KTM RC390 2022 Resmi Meluncur Dengan Tampilan Dan Fitur Baru

KTM RC390 2022 Resmi Meluncur dengan Tampilan dan Fitur Baru Sumber Foto : KTM

KabarOto.com – Pabrikan motor asal Austria, KTM akhirnya merilis pembaruan dari sportbike mereka yaitu KTM RC390 2022.

Motor sport fairing ini pertama kali debut pada tahun 2013 silam. Delapan tahun sudah unit tersebut tidak mendapatkan ubahan signifikan. Hanya beberapa penyegaran kecil dan tampilannya tidak berubah sama sekali.

Baca juga: KTM RC 8C Terjual 100 Unit Dalam Waktu Singkat

Pada awal September ini, pabrikan asal Austria itu telah meluncurkan RC390 2022 dengan tampilan baru. Secara desain, tampilannya terinspirasi dari MotoGP. Hampir setiap panel mendapatkan desain ulang dengan garis-garis tegas dan terlihat makin sporty. Tampilan tersebut bukan hanya estetika saja, dengan proses desain CFD yang dipandu dengan masukan dari tim balap GP KTM ini diklaim memiliki aerodinamika lebih baik.

Tampilan yang paling berubah yaitu pada lampu depan yang kini led multireflektor berbeda dengan sebelumnya yang masih proyektor halogen. Lampu utama ini dikombinasikan dengan lampu sein yang berbentuk bumerang di setiap sisi.

Selain tampilan baru, motor ini memiliki bobot lebih ringan berkat penggunaan pelek baru bergaya Moto3 mampu mengurangi berat sekitar 3,4 kg. Bagian sasis kini juga lebih ringan sekitar 1,5 kg. Bentuk silincer sistem pembuangan juga terlihat lebih simpel selaras dengan motor sport baru ini.

Pada bagian kaki-kaki, suspensi depan WP APEX upside down 43 mm, sedangkan belakang monoshock WP APEX. Untuk suspensi belakang ini dapat penyesuaian preload dan rebound sebanyak 5 klik. Untuk bagian pengereman, RC390 dibekali kaliper dari Bybre yang lebih ringan sekitar 960 gram.

Baca juga: Aprilia Siapkan Mesin 250 Cc, Kawasaki Ninja 250 Ada Pesaing Baru

RC390 dibekali mesin satu silinder DOHC empat katup berkapasitas 373 cc, mampu menghasilkan tenaga 44 dk dengan torsi 37 Nm. Tenaga mesin ini lebih besar sedikit berkat desain filter udara baru dan remap mesin. Mesin ini juga sudah memenuhi standar emsisi Euro5. Tenaga mesin itu disambung ke transmisi manual 6 percepatan.

Dalam keadaan standar, RC390 memiliki fitur Supermoto ABS, Lean angle Cornering ABS dan Cornering MTC. Tidak lupa, ada opsional Quickshifter+. Bagian instrumen kluster kini sudah TFT Full colour ini mampu terhubung ke smartphone melalui aplikasi KTM My Ride.

Sayangnya soal harga, pihak KTM belum menyinggung nih Sob. Namun, KTM RC390 ini akan dijual mulai bulan Maret 2022 mendatang!