KTM RC 8C Terjual 100 Unit Dalam Waktu Singkat

KTM RC 8C Terjual 100 Unit dalam Waktu Singkat

KabarOto.com - Pabrikan motor asal Austria, KTM beberapa waktu lalu meluncurkan motor khusus balap terbaru yakni KTM RC 8C. Motor ini dibuat sebanyak 100 unit secara handmade. Dalam 4 menit setelah diperkenalkan, KTM mengklaim telah habis terjual.

KTM RC8C, model eksklusif ini dibuat dalam edisi terbatas. Dikembangkan bekerja sama dengan Kramer Motorcycles. Sebanyak 100 unit RC8C dibuat secara handmade. RC8C dibekali dengan mesin LC8c yang digunakan juga oleh KTM 890 DUKE R. Mesin ini dikombinasikan dengan dengan sasis radikal dan komponen kelas atas seperti RC16 MotoGP.

Baca juga: KTM RC 8C 2022, Hadirkan Kelas Balapan Baru

Model ini, menawarkan kepada pengendara amatir untuk mengendarai sepeda motor yang mirip dengan motor balap. Pemilik motor tak perlu pergi ke mekanik khusus untuk perawatan dan setting-nya.

Sebanyak 100 unit KTM RC8C yang habis terjual, 25 di antaranya untuk mereka yang gemar balap, unitnya diambil langsung di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Di Sirkuit ini nantinya pada 7 sampai 9 Oktober 2021, pengendara motor akan menghabiskan waktu bersama tim balap pabrik KTM Red Bull dan Dani Pedrosa serta Mika Kallio. Keduanya akan memberikan trik berkendara yang benar di area sirkuit.

Baca juga: Joel Mastana Digandeng PMA Bikin KTM Riding Academy

KTM RC8C terinspirasi dari MotoGP, terlihat dari penggunaan winglet di bagian depan fairing. Selain itu, terdapat chin scoop yang disematkan di bawah lengan ayun, tepat di depan ban belakang. Desain intake dibuat berbeda dari Kramer. Selain itu, perbedaan lainnya juga terlihat desain airbox.

Tangki bahan bakar juga sama seperti MotoGP, posisi terletak di bawah jok. Tetapi, tutup tangkinya diletakan di belakang untuk mengejar distribusi bobot terbaik. Tangki ini memiliki kapasitas mencapai 15,9 liter.

Motor ini dibekali mesin LC8C Liquid Cooled 8-valve compact dengan kapasitas mesin 890 cc yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 128 dk dengan torsi 101 Nm. Mesin ini dipadukan dengan sistem pembuangan dari Akrapovic.