POPULAR STORIES

KTM Siap Merebut Kembali Juara Reli Dakar 2021

KTM Siap Merebut Kembali Juara Reli Dakar 2021 Sumber Foto : Red Bull KTM

KabarOto.com – Tim Red Bull KTM ingin merebut kembali dominasi di kategori sepeda motor Reli Dakar edisi ke-43 yang akan digelar di Jedaah, Arab Saudi pada 3-15 Januari 2021 mendatang.

Pasalnya, pada ajang Reli Dakar tahun 2020, pabrikan asal Austria ini gagal untuk merebut gelar. Pada tahun ini, yang berhasil merebut gelar tersebut adalah Bobby Brabec dari Tim Monster Energy Honda yang berhasil mematahkan dominasi KTM selama 18 tahun di reli paling ekstrem di dunia.

Baca Juga : KTM Duke 125 Bergaya Lebih Agresif

Toby Price (kiri), Matthias Walkner (tengah) dan Sam Sunderland (kanan)

Sedikit sejarah, KTM memulai dominasi di Reli Dakar melalui mendiang Fabrizio Meoni pada 2001. Lalu, selama 17 gelaran berikutnya kecuali 2011, Reli Dakar berpindah menjadi Reli Eropa Tengah sampai tahun 2019, tidak ada yang bisa mengoyahkan KTM di kategori sepeda motor.

Semenjak ajang Reli Dakar pertama digelar pada 1979, KTM mencatat 18 kalu juara dan terbanyak di kategori sepeda motor. Untuk memulihkan gelar juara tersebut, Tim Red Bull KTM akan memperkuat timnya dengan mendatangkan Toby Price, Matthias Walkner dan Sam Sunderland.

Price sebagai pemenang Reli Dakar 2016 dan 2019 ini mungkin yang paling berambisi di antara kedua rekannya. Karena pembalap asal Australia itu sudah berada di Eropa pada akhir musim panas lalu untuk berlatih. Kini Price sudah berada di Timur Tengah untuk berlatih dengan KTM 450 Rally yang akan menjadi tunggangannya di Reli Dakar 2021.

“Dalam beberapa bulan terakhir tim kami berlatih sangat keras. Sejauh ini semua berlangsung bagus. Kondisi fisik menjadi perhatian utama kami,” ungkap Toby Price.

Baca Juga : 700 Unit KTM 890 Adventure R Rally, Ludes Terpesan!

Begitu pula dengan Matthian Walkner yang sudah tidak sabar dengan ajang Reli Dakar 2021, setelah melihat perkembangan KTM 450 Rally. Walkner dikenal memiliki kemampuan navigasi dan kecepatan. Mengingat Reli Dakar 2021 nanti akan berlangsung dengan jarak yang lebih pendek, mantan juara Reli Dakar 2018 dan runner-up 2019 ini bisa menjadi salah satu favorit di Jeddah nanti.

“Kami sudah memiliki pengalaman terkait medan yang akan kami hadapi dan tahu apa yang harus dilakukan. Para teknisi dan mekanik KTM sudah menyetel motor sesuai dengan gaya saya. Jujur, yakin bakal turun di Dakar nanti dengan motor terbaik yang pernah saya kendarai,” ungkap Matthian Walkner.

Sementara, Sam Sunderland pembalap asal Inggris ini mengaku sudah fit serta fokus pada Reli Dakar 2021 mendatang. Sunderland akan memanfaatkan kecepatan melibas gundukan pasir tebal yang akan ditemukan di Reli Dakar mendatang, untuk mrebut gelar keduanya setelah 2017.

“Sejak Dakar tahun lalu, tim kami sudah bekerja sangat keras untuk meningkatkan performa motor dan menyesuaikan setelan dengan posisi gaya saya. Di Dakar, begitu sekali juara target anda pada tahun berikutnya pasti mencoba untuk mengulanginya. Saya akan hadir di Reli Dakar 2021 dengan tujuan kembali menang,” tutup Sam Sunderland.

Baca Juga : Ingin Membeli Motor KTM Seken, Perhatikan Hal Berikut Ini!

Pada ajang Reli Dakar tahun lalu, Sunderland gagal finis dan ingin membalas kekalahannya di musim depan. Walau kalah, Sunderland pernah mencetak juara pada Reli Dakar 2017 dan merebut peringkat ketiga pada Reli Dakar 2019.

Reli Dakar 2021 akan berlangsung dengan total jarak 7.658 km. Jarak total etape sendiri “hanya” 4.778 km yang terbagi dalam 12 – termasuk dua etape loop dan satu maraton – ditambah satu prolog yang digelar sebelum etape 1.