POPULAR STORIES

Kualifikasi MotoGP Inggris 2021: Pol Espargaro Raih Pole Position Pertama

Kualifikasi MotoGP Inggris 2021: Pol Espargaro Raih Pole Position Pertama Sumber Foto : MotoGP

KabarOto.com – Pembalap tim Repsol Honda, Pol Espargaro berhasil meraih pole position pertama pada sesi kualifikasi MotoGP Inggris 2021 di Sirkuit Silverstone, Sabtu (28/8).

Johann Zarco (Pramac Racing) dan Alex Rins (Suzuki Ecstar) menjadi dua pembalap yang lolos ke sesi Q2. Peluang besar sebenarnya ada di tangan Enea Bastianini (Esponsorama Racing), namun sayang rider bernomor 23 itu terjatuh di tikungan tiga.

Baca juga: Menjelang MotoGP Inggris 2021, Valentino Rossi Khawatirkan Hal Ini

Pol Espargaro raih pole position pertama bersama Honda

"Saya merayakannya seperti menang balapan. Dan baru kali ini saya meraih pole position bersama Honda. Dengan meraih position ini sangat berharga untuk saya terutama di musim yang sangat berat ini. Saya berusaha sangat keras untuk meraih ini, dan bisa memulai balapan dari posisi terdepan itu tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata," ungkap Pol Espargaro.

Sesi Q2 dibuka dengan Joan Mir (Suzuki Ecstar) yang lebih dulu mencatatkan waktu lap. Namun, raihan tersebut langsung direbut oleh Jack Miller (Ducati Lenovo) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha).

El Diablo sempat menjadi tercepat dengan catatan waktu 1:58,990 detik. Walaupun begitu, semuanya berubah pada detik-detik akhir. Pol Espargaro mampu melesat naik ke posisi atas dengan raihan 1:58,889 detik. Tidak lama setelah itu, Jorge Martin (Pramac Racing) langsung mematahkan torehan Polyccio tersebut.

Bagnaia raih pole kedua

"Saya senang karena akhir pekan ini berlangsung dengan lancar. Saya berusaha keras di sesi FP4 dan saat sesi kualifikasi ini tentu sangat tidak mudah. Di Silverstone kami sangat berusaha keras karena masalah ban. Tetapi, saat mendapatkan feeling dengan ban itu menjadi tidak masalah," ungkap Francesco Bagnaia.

Sang rookie mampu mencatatkan 1:58,008 detik. Walaupun sangat cepat, ternyata Martin mampu tampil sangat cepat karena memotong jalur di tikungan 8. Melihat hal tersebut, Race Direction menganggap dirinya telah melanggar track limit, sekaligus membatalkan lap time terbaiknya.

Baca juga: Ini Jadwal MotoGP Inggris 2021

Quartararo raih pole ketiga

"Walaupun saya dapat meraih hasil cukup baik hari ini, tetapi saya tidak mendapatkan feeling yang bagus dengan motor. Saya mampu membuat phase yang bagus, tetapi ada saat di mana motor itu sangat berguncang. Dan kami harus mencari tahu kenapa itu bisa terjadi. Walaupun saya bisa start dari baris depan, saya tidak senang karena dengan performa motor yang kurang baik," ungkap Fabio Quartararo.

Alhasil, Martin harus puas start dari posisi ke-4 untuk balapan. Alhasil, membuat Pol otomatis naik ke posisi pertama dan diikuti oleh Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dan Quartararo.

Di belakangnya, ada Martin dan Marc Marquez (Repsol Honda). Untuk grid ketiga, ada Aleix Espargaro (Aprilia Racing), Jack Miller (Ducati Lenovo) dan Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT).

Berikut Hasil Kualifikasi MotoGP Inggris 2021 :

  1. Pol Espargaro (Repsol Honda) 1:58,889 detik

  2. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) +0,022 detik

  3. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) +0,036 detik

  4. Jorge Martin (Pramac Racing) +0,185 detik

  5. Marc Marquez (Repsol Honda) +0,197 detik

  6. Aleix Espargaro (Aprilia Racing) +0,384 detik

  7. Jack Miller (Ducati Lenovo) +0,479 detik

  8. Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) +0,642 detik

  9. Johann Zarco (Pramac Racing) +0,690 detik

  10. Alex Rins (Suzuki Ecstar) +0,750 detik

  11. Joan Mir (Suzuki Ecstar) +0,874 detik

  12. Brad Binder (Red Bull KTM) +1,088 detik