Kurangi Sampah Plastik, Perusahaan Sampai Pabrik Otomotif Astra Pakai Cara Ini

Kurangi Sampah Plastik, Perusahaan Sampai Pabrik Otomotif Astra Pakai Cara Ini

KabarOto.com - Pihak Astra menilai, masyarakat tak hanya berjuang mengatasi pandemik Covid-19, tapi juga berupaya menghadapi masalah besar lain yaitu sampah plastik sekali pakai, yang berdampak buruk terhadap lingkungan sekitar apabila tidak ditangani dengan baik.

Membantu mengatasi persoalan sampah plastik sekali pakai, sejak awal tahun ini hingga akhir November, Astra dan perusahaan Grup Astra telah menginisiasi program Semangat Kurangi Plastik yang diterapkan baik di internal Grup Astra maupun di lingkungan masyarakat binaan Astra.

Melalui program ini, Astra mengklaim berhasil kurangi 418,1 ton sampah plastik yang terdiri dari 58,1 ton di internal Grup Astra dan selebihnya sekitar 360 ton dikelola melalui 70 bank sampah binaan.

Baca Juga: Astra Honda Motor Tutup Tahun Berdonasi Ke Tuna Netra Dan Yatim Piatu

Pengurangan sampah plastik sekali pakai dimulai dari pengurangan botol, gelas, alat makan dan kemasan plastik di ruangan. Grup Astra juga menyediakan tempat sampah khusus agar sampah plastik nantinya diolah di bank sampah binaan.

Hal yang sama dilakukan di fasilitas produksi otomotif Grup Astra. Kemasan plastik diganti menjadi bahan yang bisa dipakai berkali-kali. Bahkan untuk ekspor komponen otomotif, plastik pembungkus komponen diganti menjadi sebuah kotak yang harus dikembalikan lagi agar dapat dipakai berulang untuk ekspor berikutnya.