POPULAR STORIES

Kymco Menjual Ratusan Motor Di IIMS 2019, Like 150i Sumbang 70%

Kymco Menjual Ratusan Motor di IIMS 2019,  Like 150i Sumbang 70% Kymco Like 150i menyumbang 65% sampai dengan 70%

KabarOto.com - PT Smart Motor Indonesia (SMI) Distributor resmi motor Kymco di Indonesia mengikuti ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Di ajang tersebut, SMI membawa motor-motor Kymco dengan teknologi terbaru. Selama 11 hari pameran, SMI berhasil menjual ratusan unit motor untuk semua varian. Jumlah tersebut melebihi target yang ditentukan. Sayang Kymco tidak menyebutkan angkanya.

Penjualan terbanyak di dominasi oleh Kymco Like 150i yang menyumbang 65% sampai dengan 70%. Warna yang paling mendominasi untuk Like 150i yaitu Deep Blue dan Matte Silver. Uniknya, konsumen yang membeli motor saingan Piagio itu 80% dengan tunai alias bayar di tempat, hanya 20% saja yang membeli dengan kredit. SMI pun sebagian sudah mengirimkan unit-unit yang terjual ke konsumennya.

Baca Juga: Spesifikasi Dan Harga Kymco Like 150i, Cukup DP Rp 600 Ribu

Chandra Permana, Public Relation PT Smart Motor Indonesia mengatakan, dia tidak tahu faktor apa yang membuat sebagian besar konsumen melakukan pembelian dengan cash. "Saya kurang paham kenapa, tapi dua tahun belakangan rata-rata konsumen Kymco melakukan pembelian dengan cash, tapi yang kredit juga tidak kalah banyak," terang Chandra kepada kabaroto.com.

Meningkatnya penjualan juga akan didukung dengan pelayanan after sales terutama di daerah Jabodetabek.Untuk diler saat ini Kymco baru menjamah daerah BSD Tangerang Selatan dan Kramat Jati Jakarta Timur. "Kalau untuk bengkel kita ada di Depok, kebayoran Lama, Kramat Djati, Bekasi dan Cikarang," tambah Chandra.

Sementara itu Bandung, Cirebon dan Bali juga sudah mulai di jamah oleh Kymco. "Kalau di Bali kami punya lebih banyak bengkel dan after sales, ada 4 dealer dan 9 bengkel resmi dan 18 bengkel rekanan. Bali menjadi penopang penjualan kami, dan dari sejak kehadiran Kymco sekitar tahun 2000 Bali jaringannya paling lengkap," tambahnya.

Dia mengatakan, di Bali Kymco bagaikan motor-motor Jepang yang beredar di Jakarta, karena menyumbang 80% penjualan Kymco di Indonesia.

Sementara itu saat ditanya respons pasar terhadap Xciting 400i yang merupakan jenis motor gede keluaran Kymco, Chandra menegaskan jika motor tersebut cukup baik diterima oleh masyarakat. "Ya cukup baik respons pasar, cuma kan itu moge ya jadi tidak besar seperti skutik," terangnya lagi.

Baca Juga: Kymco Like 150, Skuter Asia Rasa Eropa

Kymco Xciting 400 di Indonesia dijual dengan harga On The Road Jakarta Rp 108 juta. Selama IIMS 2019 berlangsung ada promo menjadi Rp 99 juta OTR Jakarta. Chandra pun tidak memberikan angka penjualanya untuk motor ini.