POPULAR STORIES

Lagi! Gara-gara Airbag Takata, Lebih Dari Setengah Juta Unit Mazda Ditarik

Lagi! Gara-gara Airbag Takata, Lebih Dari Setengah Juta Unit Mazda Ditarik

Kabaroto.com - Penarikan mobil secara massal akibat penggunaan airbag Takata masih terus berlanjut. Kali ini giliran Tiongkok terkena imbas yang melibatkan mobil Mazda.

Berdasarkan lansir Reuters pada Senin (10/7), Sebanyak 680.000 unit Mazda ditarik dari pasar otomotif di Tiongkok. Seperti yang diketahui khalayak umum, airbag dengan merk Takata ini berpotensi meledak secara tiba-tiba yang bisa mencelakakan pengemudi, bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Penarikan ini hanya dilakukan pada model Mazda6 yang diproduksi di Tiongkok, mulai 2008 hingga Januari 2016. Bukan kali ini saja Mazda6 ditarik dari pasaran, sebelumnya sudah dilakukan penarikan sebanyak 280.000 unit untuk mobil yang diproduka antara 2003 hingga 2008.

Permasalahan kantung udara Takata ini sebenarnya sudah menjadi isu internasional dalam dua tahun terakhir. Di Amerika Serikat, persoalan ini bahkan sampai dibawa ke pengadilan oleh pihak konsumen dan produsen otomotif. Takata Corp pun sudah mengaku bersalah serta siap membayar kompensasi kepada produsen otomotif dan para korban.

Kendati demikian, ada pula kabar yang menyebutkan, pihak produsen otomotif sebenarnya sudah mengetahui tentang kecacatan airbag Takata tersebut, namun tetap saja menggunakannya.