POPULAR STORIES

Lahir Kembali Lamborghini Countach LP500 1971

Lahir Kembali Lamborghini Countach LP500 1971

KabarOto.com – Lamborghini merayakan ulang tahun ke-50 dari line up legendarisnya, Countach dengan menghadirkan supercar produksi terbatas Countach LPI 800-4. Namun tidak sampai di sana rupanya upaya Lamborghini.

Setelah beberapa minggu diluncurkan, pabrikan asal Italia tersebut juga membuat replika dari prototipe Countach LP500 asli tahun 1971. Mobil tersebut memakan waktu setidaknya 25.000 jam, dibangun oleh Polo Storico bekerja sama dengan Lamborghini Centro Stile, atas order seorang kolektor.

Sang kolektor yang tidak ingin disebutkan namanya itu, meminta Polo Storico pada akhir 2017 untuk membuat ulang prototipe LP 500. Sebagai pengingat, prototipe asli dihancurkan pada tahun 1974 selama pengujian kecelakaan, setelah tiga tahun pengembangan, lahirlah Countach LP400 versi produksi.

Baca Juga : Lamborghini Countach LPI 800-4, Bangkitnya Sang Legenda

“Menganalisis semua dokumen, foto, laporan rapat, dan gambar asli prototipe yang tersedia, di samping ingatan beberapa orang yang terlibat dalam pembuatannya. Proses ini memakan waktu setidaknya hitungan bulan dan sangat krusial,” kata Giuliano Cassataro, Head of Service dan Polo Storico.

Lamborghini Centro Stile yang dipimpin oleh Mitja Borkert, Kepala Desain, menghabiskan lebih dari 2.000 jam untuk membuat ulang garis prototipe menggunakan gambar, lembar homologasi, dan pemindaian 3D dari LP400 pertama sebagai referensi.

Baca Juga : 35 Tahun Pengembangan Serat Karbon Dan Komposit Di Lamborghini

Pekerjaan fisik dimulai dari konstruksi sasis, dan dilanjutkan dengan pengerjaan bodi. Keduanya dianalisis dengan teknologi modern tetapi proses tradisional Italia digunakan untuk fase pemukulan lembar logam. Suku cadang asli Lamborghini pun dipulihkan dari tahun 70-an, termasuk mesin V12 berkapasitas 4.971 cc-nya dipasang di tengah.

Bahkan ban Cinturato CN12 dibuat ulang dengan bantuan Fondazione Pirelli, berukuran 245/60R14 di depan dan 265/60R14 di belakang. Ban tersebut walau tampang lama, tapi menggunakan senyawa dan struktur ban modern. Terakhir, mobil dicat dengan warna pakemnya yakni Giallo Fly Speciale.

Stephan Winkelmann, CEO Automobili Lamborghini mengatakan. “Membawa rekonstruksi Countach pertama ke kelas konsep Concorso d’Eleganza Villa d’Este, di tahun kami merayakan ulang tahun ke-50 model ini, adalah sesuatu yang luar biasa. Karena memungkinkan kita untuk mengagumi LP 500 legendaris 1971 secara langsung untuk pertama kalinya setelah bertahun-tahun.”