35 Tahun Pengembangan Serat Karbon Dan Komposit Di Lamborghini

35 tahun Pengembangan Serat Karbon dan Komposit di Lamborghini

KabarOto.com - Salah satu menjadi andalan kekuatan desain produk Automobili Lamborghini adalah pengembangan dan penerapan bahan serat karbon yang ringan. Penelitian berkelanjutan dan pendekatan inovatif telah membantu menempatkan Lamborghini di garis depan sektor ini selama lebih dari 35 tahun.

Berikut adalah langkah besar yang makin membuat produk Lamborghini hadirkan performa di kelas supercar.

Baca juga: Lamborghini 63, Yacht Segalak Supercar



Tahun 1983: Lamborghini meluncurkan pengembangan dan penggunaan serat karbon untuk pertama kalinya. 'Esperienza Materiali Compositi' Department (dikenal sebagai E.Co), didirikan berkat yang paling berpengalaman dari Seattle, yang dikembangkan dari serat karbon pertama dan komponen Kevlar di Boeing 767.

Prototipe sasis serat karbon pertama diciptakan, yang dikenal sebagai Countach Evoluzione. Ini adalah penggunaan bahan komposit pertama oleh Lamborghini dan yang pertama dari jenisnya dalam proyek mobil jalan raya.



Tahun 2007: Kemitraan erat dengan University of Washington (UW) terjalin; tonggak penting dalam sejarah komposit di Lamborghini. Beberapa aspek mendasar dari pengembangan teknologi out-of-autoclave RTM didelegasikan ke universitas AS: teknologi yang pada akhirnya akan menjadi basis masa depan monocoque Aventador.

Pada tahun 2007, sebuah divisi didirikan di Pusat Penelitian dan Pengembangan, sekarang disebut “Composites Development Center”, untuk fokus di penelitian bahan inovatif dan pengembangan konsep, dan teknologi baru untuk aplikasi serat karbon.



Tahun 2008: Perjanjian kerjasama pertama ditandatangani dengan Boeing untuk mempelajari perilaku tabrakan material komposit dan monocoque Aventador. Sebelum orang lain di industri otomotif, Automobili Lamborghini mulai menerapkan teknologi material komposit, proses, simulasi dan metode karakterisasi dari industri aeronautika dan kedirgantaraan.

Tahun 2010: Sebagai hasil kolaborasinya dengan Boeing dan Callaway – produsen klub golf – Lamborghini mengembangkan teknologi Forged Composites®, paten khusus yang mengarah ke konsep supercar Sesto Elemento dalam waktu hanya beberapa hari.

Pada tahun yang sama, pabrik yang didedikasikan untuk produksi komponen komposit dibangun di lokasi produksi Lamborghini (selanjutnya digunakan untuk memproduksi monocoque Lamborghini Aventador), menghasilkan produksi otomatis dan pengerjaan yang cermat.



Tahun 2011: Debut Aventador LP 700-4 baru, dilengkapi dengan monocoque serat karbon inovatif yang dirancang dan diproduksi seluruhnya di Sant'Agata Bolognese. Cangkang bodi Aventador, seluruhnya terbuat dari serat karbon dan dirancang dengan struktur unik, menjamin sasis dengan berat hanya 229,5 kg.

Justru karena sifat unik dan kompleks dari proses yang digunakan untuk memproduksi monocoque material komposit, yang tidak dapat disediakan oleh pemasok saat ini, Lamborghini memutuskan memproduksi monocoque sendiri.

Sebagian besar suku cadang monocoque diproduksi menggunakan teknologi "RTM-Lambo" yang dipatenkan Lamborghini. Proses ini menghilangkan kebutuhan akan laminasi manual dan autoklaf, tetapi pada saat yang sama memungkinkan penggunaan cetakan serat karbon, mengurangi waktu produksi dan menjadikan RTM-Lambo sebagai teknologi manufaktur mutakhir.

Pada tahun ini juga merupakan awal dari pengembangan strategi Perbaikan melalui kemitraan baru dengan Boeing.



Tahun 2014: Automobili Lamborghini menjadi perusahaan otomotif pertama di dunia yang memperoleh sertifikasi TÜV untuk layanan perbaikan mobil serat karbonnya. Layanan perbaikan ini, yang pengembangannya dimulai pada tahun 2011, diaudit oleh para ahli TÜV Italia dan disertifikasi untuk akuntabilitas, keterlacakan, keandalan, ketepatan waktu, dan akurasi.

Layanan tersebut ditawarkan melalui para spesialis, yang dikenal sebagai “Flying Doctors”. Ini adalah para profesional yang telah menjalani pelatihan awal di Departemen Perbaikan Boeing Co., diikuti dengan pelatihan mendalam lebih lanjut di Abaris Training Resources Inc. di Nevada, di mana mereka memenuhi kualifikasi Advanced Composite Structures Damage Repair, yang diakui oleh US Federal Aviation Administration.

Tujuan dari layanan perbaikan Lamborghini ini guna menjamin bahwa kinerja teknis dari suku cadang yang diperbaiki akan 100% identik dengan suku cadang aslinya.



Tahun 2015: Pembuatan Carbonskin®. Automobili Lamborghini memperluas kegiatannya di bidang bahan fleksibel dan, setelah bertahun-tahun melakukan penelitian dan pengembangan, merancang bahan serat karbon baru dengan matriks fleksibel, cocok untuk aplikasi di interior mobil.

Dari sini, Carbonskin® dibuat (paten Lamborghini eksklusif lainnya): bahan komposit unik dan fleksibel yang disertifikasi untuk penggunaan otomotif. Carbonskin® dikembangkan sepenuhnya oleh tim Penelitian dan Pengembangan Automobili Lamborghini dan mematuhi semua persyaratan persetujuan dan validasi tipe dari industri otomotif.

Selain mengurangi bobot (28% lebih ringan dari Alcantara dan 65% lebih ringan dari kulit), material baru yang inovatif ini menawarkan karakteristik unik seperti kealamian serat karbon; efek tiga dimensi; dan kelembutan langsung saat disentuh jika dibandingkan dengan bahan lain.



Tahun 2016: Peresmian laboratorium penelitian serat karbon baru, Advanced Composite Structures Laboratory (ACSL), di Seattle (Washington, AS). Beroperasi sebagai entitas eksternal ke kantor pusat perusahaan di Sant'Agata Bolognese, ACSL menyelidiki setiap inovasi potensial dalam serat karbon.

Tahun 2017: Proyek penelitian dengan Houston Methodist Research Institute untuk studi bahan komposit dalam kedokteran. Automobili Lamborghini membuat pengetahuannya dalam studi material komposit serat karbon tersedia untuk Houston Methodist Research Institute, meluncurkan kolaborasi untuk studi material ini di bidang medis.

Proyek penelitian berfokus pada studi biokompatibilitas in-vitro dari bahan komposit yang berpotensi digunakan untuk pengembangan implan prostetik dan untuk perangkat subkutan. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi bahan baru yang lebih ringan yang radio-transparan, lebih dapat ditoleransi oleh tubuh manusia, dan lebih tahan lama dari waktu ke waktu daripada yang saat ini digunakan di bidang medis.



Tahun 2019: Pengujian di luar angkasa. Automobili Lamborghini adalah pembuat mobil pertama di dunia yang melakukan penelitian tentang bahan serat karbon di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Penelitian bersama dalam bahan komposit serat karbon canggih yang dimulai dua tahun lalu antara Automobili Lamborghini dan Houston Methodist Research Institute kini telah mencapai tonggak penting.

Peluncuran Northrop Grumman Antares dari Fasilitas Penerbangan Wallops di Virginia berlangsung pada 2 November 2019, dengan misi mengambil serangkaian sampel material komposit yang diproduksi oleh Automobili Lamborghini ke ISS.

Peluncuran ini merupakan bagian dari kampanye uji yang disponsori oleh ISS US National Laboratory dan diawasi oleh Houston Methodist Research Institute. Secara khusus, tes ini ditujukan untuk menganalisis respons lima bahan komposit berbeda yang diproduksi oleh Lamborghini terhadap tekanan ekstrem yang dihasilkan oleh lingkungan luar angkasa, dengan tujuan untuk aplikasi masa depan oleh Lamborghini dan di bidang medis.



2021: peluncuran Lamborghini Essenza SCV12, mobil pertama di pasar dengan tipe roll cage serat karbon yang disetujui menurut standar keselamatan FIA Hypercar. Pencapaian luar biasa ini merupakan hasil dari tiga puluh tahun pengalaman Automobili Lamborghini dalam studi dan penerapan material komposit di bidang otomotif.

Mencapai hasil ini, monocoque serat karbon yang diproduksi di autoklaf departemen Lamborghini CFK diperkuat di beberapa titik, mengingat ia harus mendukung kekuatan lebih dari 12 ton tanpa deformasi yang signifikan selama pengujian statis dan dinamis yang sangat ketat untuk persetujuan tipe FIA.

Ada lebih dari 20 tes statis yang, selain sasis, melibatkan pedal, sabuk, dan tangki bahan bakar. Uji tabrak dinamis, di sisi lain, melibatkan benturan pada kecepatan hingga 14 meter/detik. Penting untuk dicatat bahwa dalam pengujian jenis ini, sasis tidak boleh terkena intrusi elemen eksternal yang dapat bersentuhan dengan pengemudi, dan tangki bahan bakar tidak boleh bocor.



Saat ini: Keberlanjutan dan daur ulang limbah. Aspek lain yang dikerjakan oleh Lamborghini selama bertahun-tahun adalah kelestarian lingkungan dari proses produksi material komposit. Saat ini, penelitian dan proyek yang dilakukan oleh para ahli Lamborghini telah mengarah pada penerapan teknologi produksi khusus yang mengurangi konsumsi energi dan sumber daya berharga seperti air, dan secara drastis mengurangi jumlah limbah produksi komposit.

Baca juga: 112 Unit Lamborghini Countach Sudah Habis Terjual!

Semua limbah digunakan kembali untuk aplikasi lain, baik di kendaraan atau digunakan untuk penggunaan lain di pabrik, seperti panel atau troli. Apa pun yang tidak dapat digunakan kembali dikumpulkan dan didaur ulang untuk mendapatkan kembali seratnya, yang kemudian digunakan untuk membuat produk baru dalam “serat karbon daur ulang”.

Ini bahkan mungkin bagian kendaraan lain dengan spesifikasi struktural dan estetika yang tidak terlalu menuntut, seperti panel lantai kendaraan. Selanjutnya, limbah proses digunakan untuk membuat produk sampingan seperti produk promosi untuk pelanggan dan tamu selama acara yang diselenggarakan oleh Lamborghini. Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan keberlanjutan sirkular sejati dari serat karbon.